Ini Lho Tanda Ban Mobil Harus Segera Diganti

Tanggal: 8 Okt 2022 17:14 wib.
Ban merupakan komponen penting pada sebuah mobil. Karenanya menjaga kualitas ban agar tetap bekerja optimal perlu terus dilakukan. Bukan cuma saat mobil hendak dikendarai, ketika mobil lebih banyak diam di rumah ban juga tetap wajib mndapat perawatan. Sebagai bagian penting untuk performa berkendara, ban menjadi komponen yang harus dirawat sebaik mungkin. Kondisi ban yang baik akan mempengaruhi akselerasi mobil saat berkendara dan karena bersentuhan langsung dengan permukaan jalan maka bisa aus, sehingga rentan terjadi kecelakaan.

Agar ban tidak cepat aus dan tetap terjaga kualitasnya diperlukan perawatan yang bisa Anda lakukan sendiri atau di bengkel mobil.  Mengingat ban adalah komponen yang berhubungan langsung dengan jalan. Berikut ini ciri-ciri ban mobil yang sudah harus di ganti yaitu :


Umur Ban Sudah 3 Tahun


Ban mobil terbuat dari bahan karet yang elastis. Kelenturan karet ban akan terus berubah seiring waktu, makin lama karet akan makin berkurang elastisitasnya, hingga akhirnya menjadi getas karena kehilangan kelenturan. Usia yang ideal dari ban adalah 3 tahun, jadi sebaiknya setelah usia pakai ban mencapai 3 tahun segera ganti ban mobil sobat, walau kembangnya masih tebal karena mobil jarang digunakan. Jika lebih dari 3 tahun, hal yang paling terasa adalah ban tidak lagi memberikan kenyamanan. Karena sudah mengeras atau tidak lagi lentur.


Jarak Tempuh sudah 40.000 km


Walau belum sampai 3 tahun usia pakai, ban juga sebaiknya diganti jika jarak tempuh sudah mencapai 40 ribu kilometer. Misalnya karena mobil sobat sering menempuh perjalanan jauh sehingga dalam 2 tahun sudah mencapai 50 ribu km. Meskipun kelenturan masih bagus, ban yang sudah menempuh jarak yang jauh akan mengalami keausan. Untuk pemakaian normal, pada umumnya mobil menempuh sekitar 15 – 20 ribu km per tahun, sehingga 40 ribu km tercapai dalam waktu sekitar 2 hingga 3 tahun.


Ketebalan Tapak ban Mencapai Batas TWI


Setiap ban mobil diberi indikasi TWI yang merupakan singkatan dari Tread Wear Indicator. tanda tersebut merupakan batas keausan ban yang diizinkan untuk tetap di pakai, jika kembang ban sudah menyentuh segitiga TWI, ban sudah harus diganti.

Ada dua posisi indicator TWI pada ban, yaitu di bagian tepi ban dan di tengah telapak ban. Untuk yang di tepi akan terlihat segitiga kecil di area bawah kembang ban, sedangkan yang di tengah telapak ban berupa tonjolan yang tidak sampai setinggi kembang ban. Jika salah satu tanda tersebut sudah dicapai, artinya itu sudah saatnya ban mobil harus diganti.


Ban Gundul di Tengah


Selain 3 kondisi sebelumnya yang bersifat standar umum dari pabrikan ban, beberapa kondisi lain akibat  pemakaian atau kebiasaan pengemudi juga bisa menyebabkan ban harus segera diganti. Misalnya jika terjadi ban gundul di tengah saja, sedangkan di bagian tepi kembangnya masih bagus. Jika sudah terjadi demikian, sebaiknya ban harus diganti. Karena itu artinya ketebalan ban tidak lagi seragam. Hal ini banyak dijumpai oleh bengkel penjual ban.


Ban Gundul di bagian Tepi atau Sisi Tertentu


Ada juga ban yang menipis pada bagian tertentu saja, misalnya hanya di tepi sisi luar, tepi sisi dalam atau bagian tertentu dari telapak ban. Banyak penyebab dari kondisi ini, antara lain:



Sering menggunakan ban dengan tekanan udara terlalu kecil, sehingga ban gundul di sisi-sisi luarnya saja.
Pembiaran pada suspensi yang rusak, sehingga daya cengkram ban ke jalan tidak rata dan ban sering memantul-mantul, hal ini bisa mengakibatkan ban aus pada sisi tertentu saja.
Pembiaran pada ban yang tidak sejajar (tidak dibalancing), sehingga ban aus pada bagian tepi tertentu saja.
Gaya mengemudi yang urakan atau agresif, menyebabkan ban habis pada sisi tertentu karena sering mengerem mendadak hingga ban bergesekan keras dengan aspal.
Sebaiknya hal-hal atau kebiasaan buruk di atas dihindari agar ban lebih awet, namun jika sudah terlanjur terjadi, sebaiknya ban segera diganti demi keselamatan.



Nah kini terdapat program Goodyear Worry Free Assurance (WFA). Adalah layanan purna jual berupa penggantian ban mobil yang diberikan oleh Goodyear Indonesia, dimana setiap pembelian 2 (dua) unit ban radial consumer merek Goodyear*, berukuran minimal rim 14″ tipe apa saja, Anda berhak mendapatkan jaminan penggantian ban, sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Gratis, tanpa biaya.                                                       

Jaminan penggantian ban 12 bulan atau 20.000 km (mana yang tercapai lebih dulu) ini diberikan agar Anda lebih tenang saat mengemudi sehingga meningkatkan faktor keselamatan berkendara untuk Anda dan keluarga. Caranya mudah dan semua diberikan secara cuma-cuma, berlaku langsung setelah Anda melakukan registrasi ulang. Untuk mendapatkan layanan ini mintalah kartu garansi Worry Free Assurance dari toko dan segera lakukan registrasi. Registrasi dilakukan secara daring/online di www.goodyear-indonesia.com. Anda juga bisa meminta bantuan kepada staf toko/bengkel untuk melakukan registrasi.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved