Dua Prototipe Kendaraan Pedesaan Indonesia Telah Siap

Tanggal: 3 Sep 2017 17:32 wib.
Tampang.com - Indonesia kini telah selesai membangun dua prototipe kendaraan pedesaan melalui Kementrian Perindustrian, yakni Generasi 2A dan Generasi 2B. Kedua prototipe itu nantinya bisa digunakan pelaku industri buat mengembangkan mobil pedesaan versinya masing-masing.

Konsep yang diangkat untuk kendaraan pedesaan ini adalah kendaraan untuk digunakan mengangkut hasil pertanian dan perkebunan.

Menteri Perindustian Airlangga Hartarto mengatakan mobil pedesaan itu bukan hanya untuk off-road tapi juga bisa masuk ke jalan-jalan desa di luar jalan tol.

Dua prototipe sudah siap olah oleh industri. Serangkaian pengujian sudah dilakukan oleh berbagai pihak seperti di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor, Kementerian Perhubungan, serta Balai Termodinamika Motor dan Propulsi.

“Sedangkan melalui Institut Otomotif Indonesia, prototipe ini akan lebih dikembangkan sehingga dapat diproduksi sesuai dengan kaidah-kaidah manufaktur,” kata Airlangga, dalam keterangan resminya, Jumat (1/9/2017).

Kemenperin menyatakan, sudah ada beberapa perusahaan dalam negeri yang mau mengembangkan prototipe kendaraan pedesaan itu, yaitu Fin Komodo, Karya Hidup Sentosa, dan Astra Otoparts.

Kendaraan pedesaan masuk dalam skema program pemerintah mewujudkan ketahanan pangan. Kendaraan pedesaan membantu masyarakat mendistribusikan hasil-hasil pertanian jadi meningkatkan produktivitas dan perekonomian.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved