Alibaba, Bakalan Jual Mobil dengan Konsep Vending Machine

Tanggal: 12 Agu 2017 18:05 wib.
Tampang.com - Vending machine atau mesin penjual otomatis, umumnya digunakan untuk penjualan makanan ringan, minuman, atau rokok. Namun, raksasa e-commerce asal Tiongkok, Alibaba, berencana menggunakan vending machine untuk menawarkan produk mobil.

 

Seperti dilaporkan dari laman Telegraph, Sabtu (12/8/2017), untuk melakukan transaksi ini Alibaba akan memanfaatkan sebuah aplikasi pada smartphone.

 

Nantinya, pembeli akan memilih mobil yang akan dibeli dari aplikasi tersebut. Setelah itu, maka mobil akan keluar dari sebuah menara yang didesain khusus layaknya mesin penjual otomatis.



Genera Manager Divisi Otomotif Alibaba, Yu Wei, mengatakan bahwa bentuk layanan seperti ini merupakan era baru dalam penjualan mobil. Melalui cara penjualan seperti ini, konsumen dapat membeli mobil semudah membeli minuman kaleng.

Dengan kehadiran mesin ini, perusahaan dapat menghemat pengeluaran untuk karyawan dan gudang penyimpanan.

Terlebih, cara unik ini diharapkan dapat menarik kelas menengah di Tiongkok yang dilaporkan telah meningkat permintaannya.

Nantinya, mesin penjualan ini akan terhubung dengan sistem online yang berisi informasi seputar pembiayaan dan peringkat kredit calon pembeli. Dengan cara ini, Alibaba dapat memberi kredit bagi calon pembeli yang memiliki rating bagus.



Sebelumnya, konsep vending machine ini pernah dilakukan oleh Autobahn, penjual mobil bekas di Singapura.

Selain di Singapura, perusahaan asal Amerika Serikat Carvana juga menjual mobil dengan konsep vending machine. Perusahaan itu membuka mesin penjual otomatis tersebut pada Maret 2017 di bangunan berlantai 8 yang mampu menampung 30 mobil.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved