Sumber foto: Goggle

Spanyol Melaju ke Final Euro 2024, Lamine Yamal Jadi Man of the Match Pecahkan Rekor Pele

Tanggal: 10 Jul 2024 09:23 wib.
Timnas Spanyol berhasil melaju ke final setelah mengalahkan timnas Prancis di semifinal Euro 2024 pada Rabu dinihari WIB, 10 Juli. Di final, Tim Matador akan menantikan pemenang antara Inggris atau Belanda yang akan bermain di laga semifinal berikutnya.

Pertandingan tersebut menjadi sorotan setelah gol dari Lamine Yamal dan Dani Olmo membawa Spanyol ke partai pamungkas Piala Eropa. Kemenangan tersebut membuat mereka sukses membawa kawan-kawannya membalikkan kedudukan melawan Prancis yang sempat unggul duluan.

Prancis berhasil membuka keunggulan saat Randal Kolo Muani mencetak gol pada menit ke-8, memantulkan umpan dari kapten tim, Kylian Mbappe, dengan sundulannya ke gawang Spanyol. Namun, keunggulan tersebut tak bertahan lama setelah Spanyol menyamakan kedudukan pada menit ke-21 lewat gol indah dari luar kotak penalti oleh Lamine Yamal, yang pada usianya 16 tahun berhasil mengecoh Adrien Rabiot sebelum menyarangkan bola ke pojok atas gawang Mike Maignan.

Spanyol kemudian merebut keunggulan lima menit kemudian, setelah sepakan Dani Olmo berhasil mengalahkan Maignan dan bek Jules Kounde. Meskipun tendangan tersebut sempat dicatat sebagai gol bunuh diri Kounde, UEFA kemudian memberikan gol tersebut kepada Dani Olmo, yang dianggap telah melepaskan tembakan akurat ke gawang. Skor 2-1 untuk Spanyol bertahan hingga akhir babak pertama.

Pelatih Prancis, Didier Deschamps, melakukan berbagai pergantian pemain di babak kedua, termasuk memasukkan Eduardo Camavinga, Antoine Griezmann, dan Bradley Barcola. Namun, usaha mereka tak mampu mengubah skor. Kesempatan terbaik untuk Prancis datang pada menit 86 saat Mbappe mendapat umpan terobosan dari Barcola, namun tendangannya melebar di atas gawang Maignan. Skor 2-1 untuk Spanyol bertahan hingga akhir pertandingan.

Man of the Match pada pertandingan tersebut jatuh pada Lamine Yamal, pemain termuda di lapangan. Selain membawa Spanyol ke final, Yamal juga berhasil memecahkan rekor sebagai pemain termuda yang berhasil mencetak gol di turnamen besar (Piala Dunia atau Euro). Yamal, yang saat itu berusia 16 tahun 362 hari, berhasil memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh legenda sepakbola, Pele, yang pada usia 17 tahun 239 hari mencetak gol pada Piala Dunia 1958. Rekor tersebut bertahan selama 66 tahun sebelum akhirnya dipecahkan oleh Yamal lewat golnya ke gawang Prancis.

Penampilan gemilang Spanyol ini menunjukkan bahwa mereka telah mempersiapkan diri dengan baik untuk mencapai final Euro 2024. Kemenangan mereka juga memberikan sinyal kuat untuk tim lawan yang akan mereka hadapi di partai puncak. Dengan rentetan hasil positif ini, Spanyol akan menjadi ancaman serius bagi siapapun yang akan menjadi lawan mereka di final, serta memberikan harapan bagi para penggemar sepakbola Spanyol. Bagaimanapun, kita harus menunggu hasil dari laga semifinal antara Inggris dan Belanda untuk melihat siapakah yang akan menjadi lawan Spanyol di final Euro 2024.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved