Sumber foto: website

Shin Tae-yong Sempat Ragu Panggil Pratama Arhan ke Timnas Indonesia, tapi Bukan karena Isu Miring di Luar Lapangan

Tanggal: 25 Agu 2024 10:57 wib.
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengungkapkan bahwa dirinya sempat meragukan keputusannya untuk memasukkan Pratama Arhan ke dalam skuad Garuda. Namun, alasan di balik keraguan tersebut bukanlah karena isu dugaan perselingkuhan oleh sang istri, Azizah Salsha, melainkan karena Pratama Arhan jarang tampil di lapangan untuk Suwon FC di Korea Selatan.

Sejak bergabung dengan Suwon FC awal tahun ini, Pratama Arhan hanya tampil satu kali di Liga 1 Korea Selatan 2024, padahal kompetisi tersebut telah memasuki pekan ke-27."Mengenai masalah ini (dugaan perselingkuhan), saya sebenarnya sudah mempertimbangkan apakah akan memilih (Pratama Arhan) atau tidak. Pasalnya, di Liga Korea Selatan, dia juga tidak termasuk dalam daftar pemain yang bermain," ungkap Shin Tae-yong kepada media di Jakarta, pada Jumat (23/8/2024).

"Setelah mempertimbangkan masalah tersebut, akhirnya saya memutuskan untuk memasukkan Arhan ke dalam Timnas. Namun, setelah keputusan itu diambil, munculah masalah tersebut," lanjut Shin Tae-yong.

"Arhan sebenarnya adalah seorang pemain yang baik dan bekerja keras. Kita tidak boleh kehilangan pemain sebagus dia," tegas pelatih asal Korea Selatan ini.

Shin Tae-yong menegaskan bahwa ia akan terus memantau kondisi mental dari mantan pemain Tokyo Verdy tersebut. Namun, ia tidak dapat memastikan apakah Pratama Arhan akan langsung menjadi starter di Timnas Indonesia.

Terlebih, persaingan di sektor kiri pertahanan Timnas Indonesia sangatlah ketat. Selain Pratama Arhan, posisi tersebut juga ditempati oleh Shayne Pattynama, Calvin Verdonk, Nathan Tjoe-A-On, dan beberapa pemain lainnya."Jadi kita tetap memanggilnya ke Timnas, sambil tetap mengontrol dia. Kami tidak dapat menjamin apakah dia akan bermain pada pertandingan berikutnya, tetapi kita tetap membawanya karena tidak ingin kehilangan pemain sebagus dia," tambah Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia akan melakoni laga pertama babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, dengan menghadapi Arab Saudi di King Abdullah Sports City, Jeddah pada Jumat, 6 September 2024 pukul 01.00 WIB.

Pertimbangan Shin Tae-yong dalam memilih Pratama Arhan untuk bergabung dalam skuad Timnas Indonesia menggarisbawahi pentingnya evaluasi atas performa pemain di level klub sebelum dipanggil untuk bermain di level internasional. Keputusan tersebut harus melibatkan pertimbangan teknis yang matang, mengingat pentingnya peran setiap pemain dalam memperkuat tim nasional.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved