Sumber foto: website

Segini Harga Pasaran Pascal Struijk, Pemain Keturunan yang Diizinkan Bermain untuk Timnas Indonesia

Tanggal: 14 Sep 2024 15:01 wib.
Publik pencinta sepakbola Tanah Air baru-baru ini dikejutkan dengan banyaknya informasi seputar pemain keturunan yang dibocorkan oleh media asal Belanda, Voetbal Primeur. Khususnya saat media tersebut merilis video podcast bersama pemain diaspora Indonesia, Mauro Zijlstra. Dalam obrolan tersebut, Mauro Zijlstra mengungkapkan bahwa dirinya tengah mengurus berkas untuk bisa menjalani proses naturalisasi. Jika lolos, pemain berusia 19 tahun itu akan segera bergabung bersama Timnas Indonesia.

Di sela obrolan tersebut, host podcast Voetbal Primeur menyebut nama Jairo Riedewald yang kabarnya tengah mengurus naturalisasi. Selain itu, ia juga menyebut nama yang sudah jarang terdengar oleh publik Indonesia, Pascal Struijk. Host podcast Voetbal Primeur bahkan menyebut, pemain Leeds United itu diizinkan untuk bisa membela Timnas Indonesia. "Dan seseorang yang tidak banyak disebutkan: Pascal Struijk diizinkan bermain untuk Indonesia. Dia adalah pemain yang luar biasa," kata host Voetbal Primeur.

Namun perlu dicatat, maksud diizinkan di sini bukan berarti Pascal Struijk telah bersedia untuk membela Timnas Indonesia. Kemungkinan besar, maksud sang host menyebut Struijk diizinkan adalah sang pemain eligible untuk pindah kewarganegaraan. Sebab, ia memiliki darah Indonesia langsung dari kakek dan neneknya.

Pascal Struijk, pemain bertalenta yang kini bermain untuk tim kasta kedua Inggris, Leeds United, memang sempat ramai ingin dinaturalisasi PSSI beberapa tahun silam. Pemain ini, yang merupakan bek tengah berusia 25 tahun, memiliki pengalaman bermain di Liga Premier Inggris bersama Leeds United. Secara pengalaman, bek tengah berusia 25 tahun ini tidak perlu diragukan. Dapat dilihat dari harga pasarnya, Pascal Struijk memiliki harga pasar di angka 15 juta euro atau setara dengan Rp260,72 miliar, angka yang sangat fantastis.

Sayangnya sang pemain belum menunjukkan minat untuk membela Timnas Indonesia. Pemain jebolan akademi ADO Den Haag dan Ajax Amsterdam itu dikabarkan masih ingin menunggu panggilan dari Timnas Belanda.

Namun, kehadiran Struijk dalam dunia sepakbola Indonesia tentunya dapat menjadi salah satu aset yang besar. Pasar sepakbola Indonesia membuka peluang pasar yang cukup besar, sementara kemampuan yang dimiliki Struijk menunjukkan potensi yang sangat bagus. Kualitasnya sebagai bek yang tangguh dan pengalaman bermain di liga teratas Eropa tentunya dapat membantu perkembangan Timnas Indonesia.

Mengingat popularitas sepakbola di Indonesia yang tinggi, keberadaan pemain seperti Pascal Struijk dapat memberikan dampak positif bagi promosi sepakbola Indonesia secara global. Selain itu, kehadiran Struijk juga dapat memicu minat para pemain muda keturunan Indonesia di luar negeri untuk memilih membela Timnas Indonesia.

Tentu saja, proses naturalisasi dan keputusan yang akan diambil oleh Struijk dalam memilih negara untuk dimainkannya adalah hak pribadinya. Namun, di sisi lain, harapan akan kebangkitan Timnas Indonesia dengan kehadiran pemain keturunan yang memiliki kualitas dan pengalaman internasional tentu menjadi sebuah harapan besar bagi pencinta sepakbola Tanah Air.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved