Sumber foto: google

Pelatih Argentina Marah Usai Messi Cs Hancurkan Kanada

Tanggal: 23 Jun 2024 08:58 wib.
Pelatih timnas Argentina, Lionel Scaloni, merasa marah terhadap kualitas rumput yang buruk di Stadion Mercedes Benz, Atlanta, Amerika Serikat, ketika timnya mengalahkan Kanada dengan skor 2-0 pada pertandingan pertama Grup A Copa America 2024. Dalam konferensi pers setelah pertandingan, Lionel Messi Cs berhasil mencetak gol melalui Julian Alvarez pada menit ke-49 dan Lautaro Martinez pada menit ke-89.

Scaloni mengungkapkan ketidakpuasannya terhadap kualitas rumput di stadion tersebut, "Kami harus berusaha keras [dalam pertandingan ini] dan mencoba menguasai permainan. Itulah yang terjadi," ucap Scaloni dikutip dari RTL, "Namun kadang-kadang Anda tidak bisa memainkan permainan sesuai kemauan Anda. Seperti yang selalu saya katakan, ada kalanya lawan tidak memberikan Anda kesempatan. Dalam hal ini lawan dan lapangannya. Kami harus bermain dengan cara berbeda, namun yang penting adalah kami menang," tambahnya.

Menurut Scaloni, rumput sintetis yang digunakan di lapangan itu tidak cocok untuk pertandingan besar. "Syukurlah kami menang, karena jika tidak maka akan menjadi alasan murahan untuk duduk di sisi dan mengatakan hal ini [rumput yang buruk]. Namun kami tahu kami akan bermain di sini sejak tujuh bulan lalu dan mereka mengubah permukaan rumput dua hari lalu," ucap Scaloni.

"Ini tidak bagus untuk dilihat. Maaf, itu bukan alasan, tapi ini. bukan juga soal stadion. Stadion ini indah dan dengan rumput sintetis yang seharusnya spektakuler, tapi dengan rumput hari ini sejujurnya tidak bagus. Tidak cocok untuk pemain seperti ini," kata Scaloni menambahkan.

Pelatih Argentina menggunakan kesempatan untuk menyoroti kepentingan kualitas lapangan dalam pertandingan sepak bola. Dalam kompetisi seperti Copa America di mana kualitas permainan dan kebugaran pemain dapat menjadi faktor penentu kemenangan, kualitas rumput lapangan tidak boleh dianggap remeh. Faktor-faktor seperti kualitas rumput, drainase, dan kepadatan rumput dapat memengaruhi performa pemain serta kualitas pertandingan secara keseluruhan.

Dalam kompetisi level internasional seperti Copa America, rumput sintetis yang buruk tidak hanya memengaruhi tim tuan rumah atau tim tamu, tetapi juga memberikan kesan negatif terhadap penyelenggaraan turnamen dan kondisi prasarana. Hal tersebut dapat berdampak pada citra turnamen dan juga meningkatkan risiko cedera bagi para pemain.

Maka dari itu, para penyelenggara turnamen sepak bola hendaknya memberikan perhatian khusus terhadap kualitas lapangan dan memastikan bahwa fasilitas pendukung seperti rumput, pencahayaan, dan fasilitas lainnya dalam kondisi yang optimal sebelum pertandingan dimulai. Seiring dengan perkembangan teknologi, tersedianya teknologi rumput sintetis yang semakin canggih, namun tetap harus diimbangi dengan perawatan yang baik agar kualitasnya tetap terjaga.

Keberhasilan timnas Argentina dalam mengatasi kendala kualitas rumput dan tetap meraih kemenangan menunjukkan tingkat profesionalitas dan kematangan tim dalam menghadapi berbagai situasi yang dihadapi. Semoga kejadian ini menjadi momentum bagi pihak-pihak terkait untuk lebih memperhatikan kualitas lapangan dan fasilitas pendukung dalam penyelenggaraan pertandingan sepak bola, terutama dalam ajang-ajang bertaraf internasional seperti Copa America. Semakin optimalnya kualitas fasilitas, akan semakin meningkatkan kualitas pertandingan, memberikan pengalaman yang lebih baik bagi para pemain dan penonton, serta mengurangi risiko cedera. Hal ini tentu saja menjadi tujuan penting dalam pengembangan dan peningkatan kualitas sepak bola secara keseluruhan.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved