Pasangan Ganda Campuran Tontowi dan Liliyana tidak Turun di Hongkong Open Super Series 2017

Tanggal: 22 Nov 2017 06:24 wib.

Tampang.com - Sebanyak tiga wakil ganda campuran Pelatnas PBSI dipastikan turun pada Hong Kong Open Super Series 2017. Mereka adalah Praveen Jordan/Debby Susanto, Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja. dan Alfian Eko Prasetya/Melati Daeva Oktavianti.

Sebelumnya, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir juga dijadwalkan ambil bagian di turnamen ini. Namun setelah terhenti di China Open Super Series Premier 2017, pekan lalu, Tontowi/Liliyana memutuskan mundur karena kondisi yang tidak memungkinkan. Padahal Tontowi/Liliyana merupakan pasangan juara bertahan di Hong Kong Open Super Series.

“Sebenarnya sangat disayangkan karena Tontowi/Liliyana harus mundur. Tapi kami harus bisa realistis dengan keadaan Liliyana sekarang. Ini saatnya ganda campuran bertumpu pada Jordan/Debby atau pemain muda lainnya. Memang tahun ini ada beberapa pemain muda yang kami rombak, seperti Hafiz/Gloria. Kemarin mereka juga sudah sampai babak semifinal grand prix gold. Harapannya, kami mempersiapkan beberapa turnamen di akhir tahun ini untuk tahun depan, mudah-mudahan lebih baik,” kata Vita melalui pesan tertulis, kemarin.

Jordan/Debby datang dengan titel unggulan dua turnamen. Tahun lalu mereka merupakan runner up Hong Kong Open Super Series, setelah kalah dari seniornya, Tontowi/Liliyana. Kini di babak pertama, Selasa (21/11), Jordan/Debby akan berhadapan dengan Mark Lamsfuss/Isabel Herttrich, Jerman.

Sementara Alfian/Melati dan Hafiz/Gloria sama-sama harus merangkak dari babak kualifikasi. Di babak pertama kualifikasi, Alfian/Melati akan berhadapan dengan Tam Chun Hei/Ng Tsz Yau, Hong Kong. Sedangkan Hafiz/Gloria akan melawan pasangan India, Rankireddy Satwiksairaj/Ashwini Ponnapa.

“Sebenarnya kalau Alfian/Melati, kami berusaha untuk menciptakan kombinasi baru saja. Kemarin di Vietnam mereka bisa juara, jadi kami nggak bisa bilang itu gagal. Tapi balik lagi ke targetnya, kami mau ke tingkat yang lebih tinggi. Karena kami harus mempersiapkan regenerasi kali ini dengan sedikit ngebut. Kombinasi-kombinasi baru pun masih mungkin akan kami lakukan untuk tahun depan,” ungkap Vita.

Hong Kong Open Super Series 2017 akan berlangsung di Hong Kong Coliseum, Kowloon, Hong Kong, pada 21-16 November 2017. Turnamen ini akan memperebutkan total hadiah sebesar 400 ribu US dollar.

  

Sementara itu, pasangan ganda campuran, Alfian Eko Prasetya/Melati Daeva Oktavianti berhasil mengatasi lawan pertamanya di babak kualifikasi Hong Kong Open Super Series 2017, Selasa (21/11). Mereka mengalahkan Tam Chun Hei/Ng Tsz Yau, Hong Kong, dengan skor 27-25 dan 21-18.

Kemenangan ini sekaligus membalas pertemuan perdana mereka di Macau Open 2017 lalu, dimana Alfian/Melati kalah 21-15, 15-21 dan 13-21 dari Tam/Ng.“Hari ini alhamdulillah bisa menang. Kemarin kami di Macau Open kalah rubber game sama mereka. Tapi Alhamdulillah hari ini bisa membalasnya. Kemarin kami banyak kurang sabar dan mati sendiri. Hari ini kami lebih sabar buat menyerang,” kata Alfian usai bertanding di Hong Kong Coliseum, Kowloon, Hong Kong.

Setelah bertanding ketat di game pertama, Alfian/Melati sempat unggul di awal game kedua. Namun tak mudah begitu saja, mereka malah tersusul lebih dulu, sebelum akhirnya menang.

“Kami banyak melakukan kesalahan sendiri. Banyaknya dari pembukaan atau bola out. Ini hampir sama kejadiannya saat kami di Macau Open kemarin. Jadi kami mencoba mengantisipasi jangan sampai kejadian lagi, harus fokus dan lebih sabar. Nggak mau buru-buru matiin. Kami banyak belajar dari Macau Open kemarin,” ungkap Melati.“Pemain ceweknya cepat dan kuat, dia juga dapetan aja. Cowoknya juga rapi, smashnya juga lumayan kencang. Walaupun agak jorok mainnya,” tambah Melati mengenai lawan.

Setelah ini Alfian/Melati masih harus menghadapi satu lawan lagi di babak kualifikasi, sebelum akhirnya memastikan diri ke babak utama. Di babak final kualifikasi, Alfian/Melati akan berhadapan dengan Tinn Isriyanet/Pacharapun Chochuwong, Thailand.

Selain Alfian/Melati, Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja juga sukses mengalahkan lawan pertamanya, Rankireddy Satwiksairaj/Ashwini Ponnapa, India, dengan skor 21-18 dan 21-11. Selanjunya, Hafiz/Gloria akan berhadapan dengan Li Kuen Hon/Leung Sze Lok, Hong Kong. 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved