Sumber foto: google

Jelang Persib Bandung vs Port FC, Madam Pang Bangga Timnas Indonesia Tak Pernah Menang Lawan Thailand di Piala AFF!

Tanggal: 17 Sep 2024 19:42 wib.
Ketua Umum Federasi Sepakbola Thailand (FAT), Madam Pang, telah menyatakan kebanggaannya terhadap kinerja Timnas Indonesia yang berhasil lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Namun demikian, ia juga menyoroti bahwa Timnas Indonesia tidak pernah berhasil mengalahkan Thailand di Piala AFF dalam beberapa tahun terakhir.

Madam Pang merasa bahwa Timnas Indonesia hadir sebagai lawan yang tangguh di ajang sepakbola regional, terbukti dari keberhasilan mereka dalam mencapai babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Namun, dalam konteks Piala AFF, Madam Pang menekankan bahwa Thailand belum pernah terkalahkan oleh Indonesia dalam beberapa pertemuan terakhir.

Pertemuan terakhir di mana Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Thailand di Piala AFF terjadi pada leg I final Piala AFF 2016, di mana Timnas Indonesia menang dengan skor 2-1. Namun setelahnya, Timnas Indonesia menderita kekalahan dengan skor 0-2 di leg II final Piala AFF 2016, 1-4 saat fase grup Piala AFF 2018, 0-4 di leg I final Piala AFF 2020, bermain imbang 2-2 di leg II final Piala AFF 2020, dan bermain imbang 1-1 di fase grup Piala AFF 2022.

Dengan catatan sejarah tersebut, peluang Timnas Indonesia untuk mengalahkan Thailand di Piala AFF 2024 juga dinilai tidak begitu besar. Informasi terkait bahwa PSSI kemungkinan akan mengirimkan skuad Timnas Indonesia U-22, bukan skuad senior, untuk tampil di Piala AFF 2024. Keputusan ini diambil karena Timnas Indonesia senior diharapkan berlaga dalam babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Di sisi lain, Madam Pang sedang berupaya untuk memastikan kehadiran seluruh pemain terbaik Thailand dalam skuad Timnas Thailand di Piala AFF 2024. Beredar kabar bahwa FAT dan operator liga berencana untuk menghentikan sementara kompetisi liga saat Piala AFF 2024 berlangsung, antara 8 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025, demi memungkinkan Teerasil Dangda dan rekan-rekannya untuk memperkuat skuad Gajah Perang.

Pada Piala AFF 2024, Timnas Thailand tergabung di Grup A bersama Malaysia, Singapura, Kamboja, dan Brunei/Timor Leste, sementara Timnas Indonesia berada di Grup B bersama Vietnam, Filipina, Myanmar, dan Laos. Setiap tim akan menghadapi empat pertandingan, dengan dua pertandingan kandang dan dua pertandingan tandang. Dua tim terbaik di masing-masing grup akan melangkah ke babak semifinal.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved