Sumber foto: website

Gagal ke Final China Open 2024, Jonatan Christie Ungkap Penyebab Kekalahan dari Weng Hong Yang

Tanggal: 22 Sep 2024 05:27 wib.
Jonatan Christie kembali menelan kekecewaan setelah gagal melaju ke final China Open 2024 usai tak mampu mengatasi perlawanan sengit dari Weng Hong Yang. Dalam babak empat besar turnamen tersebut, atlet bulu tangkis Indonesia harus menyerah di tangan wakil tuan rumah tersebut.

Jojo, sapaan akrab Jonatan Christie, memaparkan bahwa perubahan kondisi lapangan saat itu menjadi salah satu faktor penting yang memengaruhi jalannya pertandingan. Ketika sebelumnya lapangan cenderung berangin, namun pada pertandingan tersebut, angin benar-benar tidak terasa sama sekali. Hal ini membuatnya harus beradaptasi kembali dalam menjalankan strategi permainannya. Tetapi, Weng Hong Yang terus memberikan tekanan yang sulit untuk diatasi sehingga permainan Jonatan tak mampu berkembang sebagaimana yang diharapkan.

"Dalam pertandingan kali ini, lapangan mengalami perubahan kondisi yang sangat signifikan. Secara pribadi, saya tidak mengerti mengapa kondisi lapangan bisa berubah 180 derajat dari sebelumnya. Pada pertandingan hari ini, angin sama sekali tidak ada. Hal ini membuat saya harus membuat beberapa penyesuaian dalam permainan," ungkap Jonatan Christie, dikutip dari rilis PBSI, Sabtu (21/9/2024).

Seiring dengan usahanya untuk beradaptasi dengan kondisi lapangan yang berubah, Jonatan Christie mengakui bahwa ia beberapa kali melakukan kesalahan yang seharusnya bisa dihindari. Kesalahan-kesalahan kecil tersebut menjadi poin krusial yang memengaruhi jalannya pertandingan, yang pada akhirnya memberi keuntungan bagi lawannya.

"Adaptasi yang saya lakukan untuk mengatasi perubahan kondisi memang tak mudah. Beberapa kali, kesalahan-kesalahan kecil yang seharusnya bisa dihindari justru saya lakukan. Hal ini tentu saja memengaruhi jalannya pertandingan. Lawan dengan kondisi lapangan yang seperti itu dan berhasil mendapatkan poin-poin krusial tentu saja memberikan kenaikan level percaya dirinya," tambah Jojo.

Lebih lanjut, Jonatan Christie menyatakan penyesalan atas penyelesaian permainannya yang kurang tenang serta pengolahan bola yang terkesan ragu-ragu. Kekurangannya dalam hal ini sangat disayangkan, namun ia menganggap hal tersebut sebagai pelajaran berharga bagi karirnya ke depan.

Dalam pertandingan yang berlangsung pada Sabtu malam WIB (21/9/2024), Jonatan Christie berhasil memulai laga dengan baik. Namun, Weng Hong Yang mampu keluar dari tekanan yang diberikan dan merebut game pertama dengan skor 17-21.

Pada game kedua, Jonatan Christie dan Weng Hong Yang saling kejar-kejaran poin hingga mencapai skor 13-13. Namun, banyaknya kesalahan yang dihasilkan oleh Jonatan Christie pada poin-poin krusial memaksa dia harus mengakui keunggulan lawan dengan skor 21-18.

Kekecewaan Jonatan Christie setelah kekalahan ini menjadi semacam pukulan bagi prestasinya dalam turnamen China Open 2024. Meski begitu, ia menyadari bahwa pengalaman ini akan menjadi pelajaran berharga bagi dirinya untuk terus meningkatkan kemampuan dalam menghadapi berbagai kondisi lapangan yang berbeda pada turnamen mendatang.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved