Sumber foto: google

Daftar 29 Atlet Indonesia yang Berlaga di Olimpiade Paris 2024

Tanggal: 2 Jul 2024 10:45 wib.
Dua atlet renang Indonesia, Joe Aditya Wijaya Kurniawan dan Azzahra Permatahani, dengan memperoleh kuota Universality Place, telah berhasil menambah jumlah atlet Indonesia yang lolos ke Olimpiade 2024 menjadi 29 orang. Pengumuman ini disampaikan melalui akun Instagram Komite Olimpiade Nasional (NOC) Indonesia pada hari Senin (1/7).

Menurut NOC Indonesia, "Indonesia kembali menambah jumlah kontingen di Olimpiade Paris 2024, Joe Aditya Wijaya Kurniawan dan Azzahra Permatahani menjadi perwakilan Indonesia dari cabang olahraga renang melalui kuota Universality Place."

Sebelumnya, NOC Indonesia juga memanfaatkan kuota Universality Place untuk sprinter Lalu Muhammad Zohri, yang nantinya akan berpartisipasi dalam nomor atletik Lari 100m Putra.

Dalam dua pekan terakhir, terjadi peningkatan yang signifikan dalam daftar atlet Indonesia yang berhasil lolos ke Olimpiade. Selain Azzahra, Joe, dan Zohri, terdapat juga Veddriq Leonardo dan Rajiah Salsabilah dari cabang olahraga panjat tebing, serta Maryam Marc Maharani dari cabang judo.

Dengan pastinya Joe dan Azzahra melaju ke Olimpiade, maka Indonesia telah memiliki 29 atlet yang akan berlaga dalam acara empat tahunan tersebut. Jumlah ini telah melampaui jumlah atlet Indonesia yang berpartisipasi di Olimpiade 2020 Tokyo sebanyak 28 atlet.

Jumlah 29 atlet tersebut juga melampaui jumlah atlet Indonesia yang dikirim ke Olimpiade sejak 2008. Pada Olimpiade Beijing 2008, hanya ada 24 atlet Indonesia yang berlaga. Empat tahun kemudian, jumlahnya menurun menjadi 22 atlet.

Sementara pada Olimpiade 2016, Indonesia mengirimkan 28 atlet, jumlah yang sama dengan Olimpiade tiga tahun yang lalu.

Olimpiade 2024 akan dilaksanakan di Prancis pada 26 Juli hingga 11 Agustus 2024. Target Indonesia dalam pesta olahraga dunia ini adalah untuk meningkatkan perolehan medali emas.

Sejak meraih medali emas pertama dalam Olimpiade 1992, jumlah maksimal medali emas yang diraih Indonesia dalam satu edisi Olimpiade adalah dua, yang terjadi pada tahun 1992. Selain itu, hanya satu medali emas yang berhasil diraih.

Namun, pada Olimpiade 2012, Indonesia hanya berhasil meraih medali perunggu dan perak, tanpa meraih medali emas sama sekali.

Tahun ini, pemerintah dan Komite Olimpiade Indonesia percaya diri bahwa sejarah baru akan tercipta. Nomor unggulan Indonesia dalam meraih medali emas termasuk bulutangkis, angkat besi, dan panjat tebing.

Berikut adalah daftar 29 atlet Indonesia yang lolos ke Olimpiade 2024:

1. Arif Dwi Pangestu (panahan)
2. Desak Made Rita (panjat tebing)
3. Rifda Irfanaluthfi (senam artistik)
4. Diananda Choirunisa (panahan)
5. Rahmad Adi Mulyono (panjat tebing)
6. Fathur Gustafian (menembak)
7. Rio Waida (selancar ombak)
8. Eko Yuli Irawan (angkat besi)
9. Rizky Juniansyah (angkat besi)
10. Nurul Akmal (angkat besi)
11. Fajar Alfian (bulutangkis)
12. Muhammad Rian Ardianto (bulutangkis)
13. Apriani Rahayu (bulutangkis)
14. Siti Fadia Ramadhanti (bulutangkis)
15. Anthony Sinisuka Ginting (bulutangkis)
16. Jonatan Christie (bulutangkis)
17. Gregoria Mariska Tunjung (bulutangkis)
18. Pitha Haningtyas Mentari (bulutangkis)
19. Rinov Rivaldy (bulutangkis)
20. Bernard Benyamin van Aert (balap sepeda)
21. La Memo (dayung)
22. Rezza Octavia (panahan)
23. Syifa Nur Afifah Kamal (panahan)
24. Veddriq Leonardo (panjat tebing)
25. Rajiah Salsabillah (panjat tebing)
26. Maryam March Maharani (judo)
27. Lalu Zohri (atletik)
28. Joe Aditya Wijaya Kurniawan (renang)
29. Azzahra Permatahani (renang)

Dengan kualifikasi sebanyak 29 atlet Indonesia, harapannya adalah agar mereka dapat memberikan performa terbaik dan membawa pulang medali bagi Indonesia. Ini adalah pencapaian luar biasa bagi olahraga Indonesia, dan diharapkan dapat menjadi motivasi bagi generasi muda Indonesia untuk semakin giat dalam mencapai prestasi tinggi dalam dunia olahraga internasional. Semoga para atlet Indonesia dapat memberikan yang terbaik di Olimpiade Paris 2024 dan membanggakan negara.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved