Cabang Anggar Seleksi Atlet Hadapi Asian Games 2018

Tanggal: 2 Des 2017 10:32 wib.

Tampang.com -  Pengurus Besar Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (PB IKASI)  menggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Anggar  dan Test Event Asian Games 2018 yang dilaksanakan  26 November hingga 4 Desember.

Ketua PB IKASI Agus Suparmanto mengungkapkan,  selain untuk peningkatan prestasi para atlet-atlet anggar, Kejurnas dan Test Event ini juga merupakan ajang pemilihan atlet-atlet terbaik yang akan mewakili Indonesia pada perhelatan Asian Games mendatang. 

“Harapannya tentu dari Kejurnas dan Test Event ini kita dapat melihat mana saja atlet-atlet yang memiliki talenta. Disini kita sebutkan bertalenta ya, bukan hanya berprestasi, jadi bukan hanya yang juara yang akan kita pilih untuk masuk dalam Pelatnas Asian Games. 

,” ujar Agus usai acara pembukaan Kejurnas Anggar Kadet dan Junior, di Menara 165, Cilandak, Jakarta, kemarin.

Selain itu, Agus menuturkan bahwa Test Event Asian Games juga dilakukan untuk melihat kesiapan panitia dalam penyelenggaraan kelas Anggar pada Asian Games mendatang. “Disini kita mencoba format pertandingan, fasilitas, dan standarisasi yang nantinya akan digunakan di Asian Games. Karena kesempatan kita untuk menjadi tuan rumah Asian Games bukan datang 5 atau 10 tahun sekali. 

Oleh karenanya kami bertanggung jawab untuk kelancaran pelaksanaan kelas anggar pada Asian Games tahun depan,” ujar Agus.

Dalam Tes Event tersebut, PB IKASI juga menghadirkan atlet-atlet dari negara tetangga, diantaranya adalah dari Korea, Filipina, dan Singapura. 

Sementara itu, Ketua Panitia Kejurnas dan Test Event, Khairuman, menyebutkan pada Kejurnas kali ini diikuti oleh 439 Peserta yang berasal dari 25 Pengurus Provinsi (Pengprov) di Indonesia. Sementara Test Event diikuti oleh 227 Peserta dari 22 Pengprov, ditambah 18 peserta dari Korea, 4 peserta dari Singapura, dan 1 peserta dari Filipina.

“Pada Kejurnas, kelas yang kita pertandingkan adalah kelas Pra Kadet, Kadet, dan Junior. Sedangkan pada Test Event kita mempertandingkan kelas Senior," kata Khairuman.

 

Ditempat yang sama,  Wakil Deputi I INASGOC, Djoko Pramono yang meninjau pelaksanaan Test Event menyebutkan bahwa tes event adalah salah satu tahapan dalam melihat kesiapan penyelenggara pertandingan Anggar pada Asian Games mendatang. “Karena penyelenggara pertandingan yang nantinya bertugas membawa nama merah putih di kancah internasional. Oleh karenanya saya ucapkan selamat atas terselenggaranya Test Event ini,” ujar Djoko. 

 

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved