Sumber foto: google

Apa Itu Golden Visa yang Diterima Shin Tae-yong dari Jokowi?

Tanggal: 25 Jul 2024 22:58 wib.
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, baru-baru ini menerima Golden Visa dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), sebuah inisiatif yang bertujuan untuk memudahkan Warga Negara Asing (WNA) untuk berkarya dan berinvestasi di Indonesia.

Peristiwa peluncuran Golden Visa tersebut berlangsung pada Kamis (25/7/2024) di Hotel Ritz-Carlton, Jakarta. Program ini dirancang untuk memberikan kemudahan bagi para WNA, terutama dalam upaya mereka untuk berinvestasi di Indonesia.

Presiden Jokowi menjelaskan, "Hari ini kita akan meluncurkan layanan golden visa untuk memberikan kemudahan kepada WNA untuk berinvestasi dan berkarya di Indonesia." Program Golden Visa ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memperluas peluang investasi di tanah air.

Selain itu, Jokowi juga menekankan pentingnya seleksi ketat terhadap para pemegang Golden Visa. Beliau menyatakan, "Ingat, hanya untuk good quality traveller, sehingga harus benar-benar selektif, bener-benar diseleksi, benar-benar dilihat kontribusinya. Jangan sampai meloloskan orang-orang yang membahayakan keamanan negara."

Sebagai bentuk pengakuan atas kontribusi yang telah diberikan, Presiden Jokowi secara langsung memberikan Golden Visa kepada Shin Tae-yong, yang saat itu sedang menjabat sebagai pelatih Timnas Indonesia.

Golden Visa sendiri adalah program pemberian izin bagi WNA untuk tinggal di Indonesia dalam jangka waktu 5 hingga 10 tahun. Program ini ditujukan bagi WNA yang dinilai mampu memberikan kontribusi positif bagi perekonomian Indonesia. Melalui inisiatif ini, diharapkan lebih banyak investor dan tenaga ahli asing yang dapat memajukan sektor-sektor kunci di Indonesia.

Shin Tae-yong telah terlibat dalam pengembangan sepak bola Indonesia sejak tahun 2020. Kontribusinya terlihat dari prestasi Timnas Indonesia, di mana ia berhasil membawa timnya mencapai babak 16 besar Piala Asia serta meraih status semifinalis pada Piala Asia U-23 untuk pertama kalinya.

Dengan kontrak yang diperpanjang hingga tahun 2027, Shin Tae-yong kini tengah fokus dalam menjalani misi lebih lanjut, yaitu Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia yang telah memasuki putaran ketiga. Tidak hanya itu, ia juga bertekad untuk membawa Timnas Indonesia masuk ke dalam 100 besar ranking FIFA.

Kehadiran Shin Tae-yong di Indonesia telah memberikan dampak positif, baik dalam pengembangan potensi bagi pemain-pemain muda maupun dalam memperkokoh posisi Indonesia dalam kancah sepak bola internasional. Dengan pemberian Golden Visa ini, diharapkan Shin Tae-yong dapat semakin memberikan kontribusi yang berkelanjutan bagi perkembangan sepak bola Indonesia.

Tak hanya pada sektor olahraga, keberadaan Golden Visa juga dirancang untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional melalui investasi langsung maupun transfer teknologi dari para pemegang visa tersebut. Hal ini sejalan dengan visi pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu destinasi investasi utama di kawasan Asia.

Dengan adanya program Golden Visa, diharapkan lebih banyak sosok inspiratif seperti Shin Tae-yong yang dapat membantu mempercepat pembangunan di berbagai sektor di Indonesia. Bukan hanya sebagai ajang untuk berinovasi, program ini juga dapat menjadi sekaligus ajang promosi pariwisata Indonesia kepada dunia internasional. Dengan demikian, Indonesia dapat semakin dikenal sebagai negara yang ramah terhadap investor dan para tenaga ahli asing yang berpotensi mendukung pertumbuhan ekonomi serta pengembangan berbagai sektor di tanah air. 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved