Sumber foto: website

6 Klub Liga 1 Indonesia yang Pernah Dibela Zulkifli Syukur Pelatih Sulteng di PON XXI Aceh-Sumut 2024, Nomor 1 Sempat Jadi Juara

Tanggal: 18 Sep 2024 05:09 wib.
Berikut enam klub Liga 1 Indonesia yang pernah dibela Zulkifli Syukur, pelatih Tim Sepakbola Putra Sulawesi Tengah, di PON XXI Aceh-Sumut 2024. Ia pernah menjadi juara liga bersama salah satunya. Seperti diketahui, nama legenda Timnas Indonesia, Zulkifli Syukur, menjadi sorotan setelah anak asuhnya, yakni Muhammad Rizki Saputra di tim Sulawesi Tengah untuk PON XXI 2024 melakukan aksi pemukulan pada wasit.

Aksi ini terjadi di laga perempat final antara Sulawesi Tengah dengan tuan rumah Tim Sepakbola Putra Aceh di Stadion Dimurthala, Sabtu 14 September 2024 malam WIB. Kala itu, ia tidak dapat menahan amarahnya kepada wasit Eko Agus Sugih Harto yang sangat berat sebelah dalam memimpin laga.

Zulkifli selaku pelatih tim Sulawesi Tengah tidak membenarkan aksi yang dilakukan oleh anak asuhnya. Namun dirinya juga turut kecewa dengan kepemimpinan wasit yang membuatnya menyuruh anak asuhnya untuk walk out alias tidak melanjutkan pertandingan.

“Dan saya juga tidak bisa membenarkan tindakan yang dilakukan oleh pemain saya, tapi patut kita lihat bagaimana hancurnya mental pemain kami sampai emosi mereka sudah tidak bisa terbendung lagi. Saya mewakili tim Sulteng meminta maaf atas perlakukan pemain saya," kata Zulkifli Syukur di instagram.

Bagi masyarakat Indonesia, sosok Zulkifli Syukur bukanlah sosok yang asing. Sebab, selain ia merupakan mantan pemain Timnas Indonesia, pemain berposisi bek kanan itu juga pernah membela sederet klub Liga 1.

6 Klub Liga 1 Indonesia yang Pernah Dibela Zulkifli Syukur

6. Persib Bandung

Zulkifli Syukur memilih Persib Bandung sebagai pelabuhannya keduanya di kasta teratas. Sayangnya, di tim ini ia gagal bersinar dan hanya bertahan semusim sebelum hengkang pada 2012.

5. Mitra Kukar

Pasca dari Persib Bandung, Zulkifli kemudian memilih bergabung dengan Mitra Kukar. Selama bermain untuk tim berjuluk Naga Mekes ini, eks bintang Timnas Indonesia di Piala AFF 2010 itu bermain dalam 34 laga dengan koleksi dua gol.

4. Pusamania Borneo FC

Tim Liga 1 berikutnya yang pernah dibela Zulkifli Syukur adalah Pusamania Borneo FC. Selama semusim bermain untuk Pesut Etam, ia hanya bermain sebanyak 10 kali dengan torehan dua assist.

3. PSM Makassar

Dari Borneo FC, Zulkifli Syukur kemudian pulang ke klub masa kecilnya, yakni PSM Makassar. Sempat dipinjamkan ke Sriwijaya FC, namun kemudian kembali ke tim dan semakin bersinar. Total, ada 86 laga dimainkan bersama Juku Eja dengan 1 gol lima assist serta mempersembahkan gelar Piala Indonesia.

2. Sriwijaya FC

Terakhir, Zulkifli Syukur pernah bermain untuk Sriwijaya FC Palembang. Pelatih Sulawesi Tengah di PON XXI 2024 itu datang sebagai pemain pinjaman dark PSM Makassar. Akan tetapi, peminjaman tersebut hanya berjalan setengah musim saja.

1. Arema Malang

Setelah menjalani karier muda bersama tim-tim lokal di kasta kedua, Zulkifli Syukur merasakan bermain untuk tim Liga 1, yakni Arema. Pemain kelahiran 3 Mei 1984 itu bergabung bersama Arema pada 2008 silam.

Ia pun bertahan di tim ini selama 3 musim dan sempat mempersembahkan 1 gelar ISL untuk Aremania pada Liga Indonesia 2010. Dari sana, kariernya semakin berwarna dengan membela sejumlah klub papan atas. Itulah enam klub Liga 1 Indonesia yang pernah dibela Zulkifli Syukur. Semoga informasi ini berguna untuk pembaca sekalian.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved