Sumber foto: google

Warga London Inggris Rela Antre hanya untuk Mencium Aroma Bunga Bangkai

Tanggal: 23 Jun 2024 09:01 wib.
Warga London, Inggris ramai-ramai mengantre untuk mencium aroma bunga bangkai yang mekar pada Selasa (18/6/2024) hingga Rabu (19/6/2024) di Kew Royal Botanical Gardens, London. dari BBC, bunga bernama latin Amorphophallus titanum itu memiliki aroma tak sedap dan hanya mekar sekali dalam dua tahun. Pihak pengelola mengatakan, ribuan pengunjung selalu memadati kebun raya setiap kali bunga raksasa itu mekar.

Setelah sekian lama hanya dikenal sebagai bunga langka yang tumbuh di habitat aslinya di hutan hujan Sumatra dan sekarang mulai menarik perhatian di berbagai belahan dunia, termasuk London. Para pengunjung yang datang ke sana berharap bisa mendapatkan pengalaman dengan melihat langsung bunga bangkai tersebu, sambil mencium aromanya.

Fenomena ini menjadi topik pembicaraan yang menarik di media sosial dan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Tak hanya warga London, tetapi juga wisatawan dari seluruh dunia yang datang untuk merasakan pengalaman unik ini.

Jurnalis sains Marnie Chesterton mengungkapkan, bunga bangkai tersebut berada di sebuah rumah kaca. Saat memasuki rumah kaca yang cukup panas dan lembab, muncul rasa penasaran dan kegembiraan dari Chesterton. Aroma bau busuk dari Amorphophallus titanum tersebut sudah langsung tercium ketika Chesterton membuka pintu rumah kaca itu. “Ketika saya mendekatkan wajah saya ke bunga itu, saya mencium bau toilet yang belum dicuci dengan aroma kuat, seperti sesuatu yang keluar dari bagian belakang lemari es. Pasti membusuk,” ujar Chesterton.

Bunga bangkai ini adalah tanaman endemik hutan hujan Sumatera bagian barat. Namun, bunga yang dikenal juga dengan nama titan arum ini sudah dibudidayakan di berbagai negara. Dilansir dari Britannica, tanaman yang memiliki bau busuk ini menjadi salah satu bunga terbesar di dunia. Amorphophallus titanum memiliki paku bunga di bagian dalam yang dikenal sebagai spadix dan dikelilingi oleh kerah berbentuk kelopak bunga yang disebut spathe.

Pertumbuhan bunganya mencapai sekitar 6 inci atau 15 cm dalam sehari. Namun, bunga tersebut hanya mekar selama 24-28 jam. Ketika sedang mekar, strukturnya menghasilkan panas lebih dari 32 derajat celsius. Saat itu, bunga akan menghasilkan bau bangkai yang khas untuk menarik lalat daging dan kumbang bangkai sehingga terjadi proses penyerbukan. Bunga yang melalui proses penyerbukan akan berkembang menjadi buah bulat berwarna merah terang hingga oranye. Setelah itu, bunga yang mekar akan layu kembali.

Antusiasme warga London dalam mengantre untuk mencium aroma bunga bangkai ini memperlihatkan bahwa ketertarikan pada keunikan alam masih sangat tinggi di era modern ini. Walaupun banyak inovasi dan teknologi baru terus bermunculan, keindahan alam dan fenomena langka seperti bunga bangkai tetap mampu menarik perhatian dan mengundang minat para pengamat alam.

Kisah unik ini juga menjadi pelajaran bahwa keindahan alami tetap memiliki daya tarik yang kuat meskipun sudah dikelilingi dengan segala kemajuan teknologi. Fenomena bunga bangkai di London menjadi bukti bahwa manusia tetap memiliki rasa ingin tahu dan kekaguman pada keajaiban alam.

Maka, tak heran jika warga London rela antre hanya untuk mencium aroma bunga bangkai, karena apa yang terkadang dianggap aneh dan kurang sedap bagi beberapa orang, justru menjadi daya tarik yang luar biasa bagi yang lain.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved