Sumber foto: google

Wakil Presiden Ke-9 RI Hamzah Haz Wafat

Tanggal: 24 Jul 2024 14:05 wib.
Pada hari Rabu pagi, pukul 09.30 WIB, berita duka menyelimuti tanah air Indonesia. Wakil Presiden Ke-9 Republik Indonesia, Hamzah Haz, menghembuskan nafas terakhir di Klinik Tegalan, Jakarta. Informasi ini juga telah dikonfirmasi oleh Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Arwani Thomafi, di Jakarta.

  Saat ini, jenazah almarhum sedang dalam proses dimandikan guna disalatkan di masjid miliknya yang berlokasi di Jalan Nenas, Bogor, Jawa Barat. Pemakaman Hamzah Haz akan menjadi momen duka yang mendalam bagi seluruh rakyat Indonesia yang mengagumi jasanya.

Hamzah Haz lahir di Ketapang, Kalimantan Barat, pada 15 Februari 1940. Beliau memulai karirnya sebagai seorang guru pada tahun 1960 sebelum akhirnya terjun ke dunia jurnalistik. Pengalamannya sebagai wartawan surat kabar Bebas di Pontianak hingga menjadi Pimpinan Umum Harian Berita Pawau di Kalimantan Barat menunjukkan dedikasinya dalam dunia jurnalistik.

  Selain itu, Hamzah pernah menjabat sebagai Menteri Investasi pada masa pemerintahan Presiden BJ Habibie. Di era pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur), beliau juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua DPR RI serta Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat. Dedikasinya terhadap bangsa dan negara terus terlihat ketika beliau kemudian menjadi Wakil Presiden Ke-5 RI, mendampingi Presiden Megawati Soekarnoputri dari tahun 2001 hingga 2004.

Selama kiprahnya di kancah politik, Hamzah Haz juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) selama periode 1998 hingga 2007. Dedikasinya dalam mengemban tanggung jawab politik di PPP telah memberikan dampak yang signifikan bagi kemajuan partai tersebut.

  Kepergian almarhum Hamzah Haz tentu meninggalkan kesan mendalam bagi banyak orang. Kontribusinya dalam pembangunan bangsa seharusnya diabadikan sebagai inspirasi bagi generasi penerus. Semoga jasa-jasa beliau dapat terus diingat dan menjadi motivasi bagi para pemimpin dan masyarakat Indonesia.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved