Sumber foto: iStock

Upacara HUT TNI: Dipimpin Jokowi Hingga Makan dan Sembako Gratis

Tanggal: 5 Okt 2024 05:32 wib.
Puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) bakal dirayakan di kawasan Monumen Nasional (Monas) pada Sabtu, 5 Oktober 2024. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan menjadi Inspektur Upacara (Irup) dalam perayaan tersebut. Rangkaian upacara akan dimulai pukul 07.30 WIB dan rencananya akan diikuti oleh 22 batalyon TNI.

Mayor Jenderal Hariyanto, Kepala Pusat Penerangan TNI, menjelaskan bahwa Presiden akan melakukan pemeriksaan pasukan memutar di Monas. Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi akan memeriksa langsung kehadiran dari 22 batalyon TNI yang turut serta dalam upacara tersebut. Pertunjukan defile dan pawai alutsista juga akan menjadi bagian dari perayaan HUT ke-79 TNI, menandakan semangat militer secara monumental.

Tidak hanya itu, yang menarik perhatian adalah keikutsertaan masyarakat sipil dalam perayaan HUT TNI kali ini. Mayor Jenderal Hariyanto menyampaikan bahwa masyarakat umum akan diberikan akses untuk menyaksikan parade alutsista dan demonstrasi kemampuan personil TNI. Hal ini diyakini akan semakin mempererat hubungan antara TNI dengan rakyat.

TNI pun tak lupa untuk melibatkan aspek hiburan dalam perayaan HUT ke-79. Sejumlah artis dan musisi telah diajak untuk turut serta memeriahkan acara tersebut. Beberapa band akan tampil membawakan lagu-lagu yang didukung oleh pembawa acara kenamaan, seperti Raffi Ahmad dan beberapa artis lainnya. Hal ini diharapkan dapat menciptakan suasana yang meriah dan penuh semangat.

Kehadiran masyarakat bukan sekadar bersaksi pada perayaan tersebut, melainkan juga turut serta dalam kehangatan acara. Mayor Jenderal Hariyanto mengungkapkan bahwa sebagai bagian dari pesta rakyat, TNI akan menyediakan makanan gratis bagi pengunjung yang hadir. Ini menunjukkan semangat kebersamaan antara TNI dan rakyat, serta menjadi simbol dari peran TNI dalam menjaga transisi kepemimpinan.

Bukan hanya makanan gratis, TNI juga merencanakan untuk membagikan sembako kepada masyarakat yang turut hadir dalam perayaan HUT ke-79. Hal ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan menegaskan komitmen TNI dalam mempererat hubungan dengan rakyat. Lebih dari sekadar perayaan militer, kebersamaan antara TNI dan masyarakat menjadi nilai yang kental dalam perayaan kali ini.

Dengan memperhatikan elemen keamanan, TNI juga telah menyiapkan sarana-sarana transportasi khusus yang akan disediakan untuk memungkinkan masyarakat dapat merasakan pengalaman naik tank dan kendaraan militer lainnya. Hal ini menunjukkan keseriusan TNI dalam melibatkan rakyat dalam acara perayaan HUT TNI. Adanya interaksi langsung antara masyarakat dan personel TNI diharapkan dapat menciptakan ikatan emosional serta menumbuhkan rasa bangga akan TNI.

Sebagai upaya untuk menjaga hubungan yang erat dengan masyarakat, TNI tetap memprioritaskan keamanan dan kenyamanan para pengunjung. Pengaturan jalur masuk dan penyebaran informasi terkait acara juga menjadi fokus dalam persiapan perayaan HUT ke-79 TNI. Levitasi kegiatan perayaan semacam inilah yang diharapkan dapat meningkatkan rasa kepercayaan masyarakat terhadap TNI.

Melalui keterlibatan masyarakat dan berbagai kegiatan yang digelar, TNI berharap bahwa perayaan HUT ke-79 akan memberikan dampak positif yang berkelanjutan dalam hal citra TNI di mata masyarakat. Keterbukaan dalam merayakan HUT TNI menunjukkan semangat kebersamaan antara TNI dan rakyat, yang diharapkan mampu mengukuhkan hubungan yang harmonis dan saling mendukung antara kedua belah pihak.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved