Sumber foto: website

Tok! Rapat Paripurna DPR RI Setujui Pemberian Status WNI untuk Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, Lanjut ke Setneg

Tanggal: 19 Sep 2024 21:30 wib.
Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) pada Kamis (19/9/2024) siang WIB telah menyetujui pemberian status Warga Negara Indonesia (WNI) kepada Mees Hilgers dan Eliano Reijnders. Keputusan ini menjadi sorotan karena kedua pemain akan mengikuti proses naturalisasi dan pengambilan sumpah WNI.

Saat rapat berlangsung, Wakil Ketua DPR RI, Lodewijk F Paulus, mengajukan pertanyaan kepada peserta rapat terkait permohonan pemberian pertimbangan kewarganegaraan RI atas nama Mees Hilgers dan Eliano Johannes Reijnders. Menariknya, semua peserta anggota legislator yang hadir memberikan persetujuan setuju terhadap pertanyaan tersebut.

Meskipun mendapatkan persetujuan dalam rapat paripurna, proses selanjutnya akan ditindaklanjuti sesuai dengan mekanisme yang berlaku. Wakil Ketua DPR RI, Lodewijk, menyampaikan bahwa proses naturalisasi Hilgers dan Eliano akan mengikuti prosedur yang berlaku dalam pemberian status WNI.

Setelah disetujui dalam rapat paripurna, proses pemberian status WNI kepada Mees Hilgers dan Eliano Reijnders akan berlanjut ke Sekretariat Negara (Setneg). Langkah selanjutnya, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, dijadwalkan untuk menerbitkan Keputusan Presiden terkait kedua pemain tersebut.

Tak hanya itu, setelah mendapatkan Keputusan Presiden, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders akan menjalani pengambilan sumpah WNI yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada pekan depan. Namun, sebelum dapat membela Timnas Indonesia, mereka juga perlu mengurus surat perpindahan federasi ke Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) dari Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB) menjadi Asosiasi Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Dilaporkan bahwa proses pengambilan sumpah WNI bagi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders akan dilaksanakan di Kedutaan Besar Republik Indonesia (Kedubes RI) di Den Haag, Belanda. Hal ini disebabkan oleh kesibukan keduanya dengan jadwal klub masing-masing. Proses pengambilan sumpah WNI merupakan langkah penting dalam mengukuhkan status kewarganegaraan mereka sebagai WNI. Selain itu, pengurusan surat perpindahan federasi ke FIFA juga perlu dilakukan dengan cermat untuk memastikan kelancaran proses selanjutnya.

Melalui pengambilan sumpah WNI, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders akan resmi menjadi Warga Negara Indonesia. Hal ini menjadi langkah awal yang penting dalam mengikuti proses perpindahan status kewarganegaraan dan memperkuat kedekatan serta keterikatan keduanya dengan Indonesia. Proses ini juga menjadi momen penting bagi sepak bola Indonesia dalam menerima kontribusi dari pemain-pemain berkualitas internasional.

Dengan adanya keputusan dari Rapat Paripurna DPR RI, diharapkan proses pemberian status WNI kepada Mees Hilgers dan Eliano Reijnders dapat berjalan lancar sesuai dengan mekanisme yang berlaku. Semoga keduanya dapat memberikan kontribusi yang berharga bagi sepak bola Indonesia dan menjadi teladan bagi proses naturalisasi yang teratur dan benar sesuai dengan peraturan yang berlaku.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved