Sumber foto: infobanknews.com

Tingkatkan Literasi Keuangan Syariah, OJK Gelar Ajang ISFO 2024

Tanggal: 24 Jun 2024 18:44 wib.
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus berupaya meningkatkan literasi, edukasi, dan inklusi keuangan syariah untuk seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Hal ini bertujuan agar masyarakat terhindar dari bahaya penipuan keuangan hingga investasi bodong. Sementara itu, peningkatan literasi keuangan syariah juga diharapkan dapat menciptakan pertumbuhan ekonomi yang seimbang dan berkelanjutan.

Menyadari pentingnya upaya ini, OJK menyelenggarakan Indonesia Sharia Financial Olympiad (ISFO) 2024 sebagai wadah bagi pelajar dan mahasiswa untuk memperdalam pengetahuan mereka terhadap literasi keuangan syariah. Hal ini sebagai upaya untuk menumbuhkan kesadaran akan keuangan syariah sejak dini, sehingga masyarakat dapat mengetahui manfaat dan potensi keuangan syariah dalam pengelolaan keuangan mereka sehari-hari.

Dalam acara Kick Off Indonesia Sharia Financial Olympiad (ISFO) 2024, Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Perlindungan Konsumen OJK, Friderica Widyasari Dewi, mengungkapkan, "Nanti kita juga akan ada program inklusinya, yaitu kita akan mendorong para UMKM untuk syariah, baik menggunakan produk-produk jasa keuangan syariah yang akan kita support nanti."

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Departemen Literasi, Inklusi Keuangan dan Komunikasi OJK, Aman Santosa menjelaskan bahwa ISFO telah dilaksanakan rutin dalam beberapa tahun terakhir sebagai upaya peningkatan literasi keuangan. Ajang ISFO kali ini menjadi sarana untuk menumbuhkan jiwa wirausaha dari generasi muda. "Kami mendorong para peserta untuk dorong sarana edukasi, seperti resmi OJK, learning management system, dan minisite sikapi uangmu dalam rangka menciptakan dampak masif," jelas Aman.

ISFO 2024 akan menjangkau 35 jaringan OJK di Indonesia dengan dukungan dari aliansi dan stakeholder. Hal ini memperlihatkan komitmen OJK dalam menjalankan program literasi keuangan syariah secara luas dan merata di seluruh wilayah Indonesia.

Sementara itu, ISFO 2024 akan terdiri dari dua rangkaian acara utama. Pertama, kompetisi cerdas cermat keuangan syariah yang ditujukan untuk meningkatkan literasi pelajar dan mahasiswa. Para peserta akan diuji pengetahuan mereka terkait keuangan syariah, investasi, dan perilaku keuangan yang sehat. Tahap awal akan melibatkan setiap kantor OJK di daerah, di mana 10 tim terbaik dari tiap regional akan melaju ke babak final. Babak final regional akan memunculkan 2 tim terbaik dari setiap daerah yang kemudian akan bertanding di tingkat pusat.

Selain kompetisi cerdas cermat, ISFO 2024 juga akan menyelenggarakan kompetisi wirausaha syariah yang diharapkan dapat meningkatkan aspek inklusi keuangan dan jiwa usaha para mahasiswa peserta ajang tersebut. Kolaborasi antara OJK dan pelaku usaha syariah akan menjadi penggerak utama dalam mencari pemuda-pemuda berbakat yang memiliki ide-ide kreatif dan inovatif dalam pengembangan bisnis syariah.

Kompetisi ISFO 2024 akan resmi dibuka pada tanggal 24 Juni 2024 dan akan berlangsung hingga puncak acara pada Agustus 2024. Dalam acara penutupan nantinya, akan diumumkan 3 tim terbaik dari setiap kategori, baik dari kompetisi cerdas cermat maupun kompetisi wirausaha syariah. Para pemenang akan mendapat kesempatan untuk mengembangkan proposal bisnis mereka dan mendapatkan dukungan permodalan dari OJK dan pelaku usaha syariah terkait.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved