Sumber foto: website

Tiba di Istana Negara IKN, Bendera Pusaka Siap Dikibarkan saat HUT Ke-79 RI

Tanggal: 11 Agu 2024 19:29 wib.
Di hari Sabtu (10/8/2024) yang penuh makna, iring-iringan kirab Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi tiba di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN). Prosesi kirab ini merupakan bagian dari perayaan HUT Ke-79 Republik Indonesia yang menyiratkan kebesaran sejarah bangsa.

Setelah menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, kedatangan kirab ini disambut dengan penuh kehormatan oleh 38 Purna Parkibraka Nasional Tahun 2023 dan 6 pasukan kehormatan, termasuk pasukan Paspamres.

Kehadiran kirab Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi ini menjadi momen emosional bagi banyak orang. Para siswa Pramuka dari Balikpapan antusias menyambut kedatangan kirab tersebut, memenuhi jalanan dengan seragam mereka yang khas. Sambil memegang bendera kecil, mereka melambai-lambai penuh semangat saat mobil kirab melintas di hadapan mereka. Antusiasme juga terpancar dari reaksi sejumlah masyarakat yang ikut menyaksikan iring-iringan kirab ini.

Sesampainya di Istana Garuda IKN, Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi akan diarak menuju Plaza Istana Negara. Perjalanan mereka melalui selasar barat di koridor utama menuju ruang bendera tak luput dari perhatian para saksi hidup sejarah. Di ruang bendera nanti, dua Purna Paskibraka 2024, Kachina Ozora dan Keyla Azzahra, akan menyerahkan Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi kepada ajudan Wakil Presiden.

Ajudan Wakil Presiden akan menerima dan menyerahkan Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi kepada Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budiartono. Bendera Pusaka ini nantinya akan menjadi simbol kebanggaan saat pengibaran atau upacara detik-detik proklamasi pada peringatan 17 Agustus 2024.

Kirab tersebut mengingatkan kita akan arti penting kedaulatan dan perjuangan bangsa Indonesia. Dalam suasana yang penuh semangat, kirab Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi diharap menjadi momen yang mempersatukan bangsa. 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved