Sumber foto: google

Shin Tae-yong Berpotensi Dapatkan Mantan Bek Bayer Leverkusen Tanpa Dinaturalisasi untuk Perkuat Timnas Indonesia

Tanggal: 22 Sep 2024 06:38 wib.
Bek asal Jerman yang sedang meniti kariernya di Greuter Furth, Reno Munz, memiliki potensi besar untuk memperkuat Timnas Indonesia tanpa perlu melalui proses dinaturalisasi. Berusia 18 tahun, Munz merupakan lulusan akademi Bayer Leverkusen dan telah memainkan dua pertandingan bersama klubnya yang berkompetisi di Liga 2 Jerman 2024-2025.

Sebagai pemain yang lahir di Jakarta, Reno Munz memiliki keistimewaan dimana dia dapat membela Timnas Indonesia tanpa harus melalui proses dinaturalisasi. Meskipun kedua orangtuanya adalah warga negara Jerman, Munz memiliki keuntungan atas kebijakan sepak bola internasional yang memberikan hak kepada seorang pemain yang lahir di suatu negara untuk dapat membela negara tersebut tanpa harus melalui proses naturalisasi.

Namun, keadaan Reno Munz sebagai anak berkewarganegaraan ganda telah mengikatnya pada penentuan kewarganegaraan yang harus dilakukan pada rentang usia 18-21 tahun. Untuk itu, pilihan untuk menjadi WNI sangat penting bagi Munz, dan ia hanya perlu menyatakan keinginannya untuk membela Timnas Indonesia serta diberikan KTP sebagai tanda sah penduduk Indonesia.

Selain itu, status Munz sebagai homegrown player yang berasal dari akademi Bayer Leverkusen juga memberikan kepastian bahwa karier sepak bola profesionalnya di Jerman tidak akan terganggu. Pasalnya, aturan Bundesliga hanya mewajibkan klub kasta teratas dan Liga 2 untuk memiliki sejumlah pemain berkewarganegaraan Jerman atau pernah dididik di akademi sepakbola klub-klub Jerman.

Kehadiran Reno Munz dalam Timnas Indonesia juga akan memberikan keuntungan jangka panjang, karena usianya yang masih sangat muda. Dengan begitu, kontribusinya untuk timnas dapat dirasakan dalam periode waktu yang panjang.

Sementara itu, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sedang fokus mempersiapkan skuad Garuda untuk laga lanjutan Grup C babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Timnas Indonesia akan menghadapi Bahrain dan China pada bulan depan, sehingga potensi penambahan kekuatan dengan rekruitmen Reno Munz menjadi hal yang sangat menarik untuk dipantau.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved