Prakiraan Cuaca BMKG: Wilayah yang Berpotensi Dilanda Hujan Lebat, Angin Kencang, dan Petir 16-17 Mei 2024

Tanggal: 17 Mei 2024 05:34 wib.
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan kondisi cuaca ekstrem di berbagai wilayah pada tanggal 16-17 Mei 2024. Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, menyampaikan bahwa hujan lebat, angin kencang, dan petir diprediksi terjadi sehubungan dengan sirkulasi siklonik di beberapa wilayah, termasuk pesisir barat Malaysia, Laut Banda, dan pesisir barat Papua Tengah.

Menurut Guswanto, sirkulasi siklonik ini membentuk daerah perlambatan angin atau konvergensi yang melintasi beberapa wilayah, seperti pesisir timur Sumatera Utara hingga Selat Malaka, pesisir timur Sulawesi Tengah hingga Pulau Seram, dan Teluk Cendrawasih hingga Papua. Daerah konvergensi lainnya juga terpantau dari Samudra Hindia barat Sumatera Utara hingga pesisir barat Sumatera Utara, pesisir barat Bengkulu hingga pesisir Sumatera Barat, Teluk Tomini hingga Sulawesi Tengah bagian utara, Laut Banda hingga Sulawesi Tenggara, serta Maluku bagian tenggara hingga Laut Seram.

Selain itu, BMKG juga mendeteksi daerah pertemuan angin atau konfluensi yang terpantau dari Laut Seram hingga Papua Barat, Laut Aru, Laut Arafuru, Laut Flores, Laut China Selatan, dan dari Samudera Hindia selatan Nusa Tenggara Timur (NTT) hingga Barat Daya Lampung. Menurut Guswanto, kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar daerah sirkulasi siklonik dan sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut.

Lebih lanjut, BMKG juga mencatat peningkatan kecepatan angin hingga mencapai 25 knot lebih yang terpantau di Laut Banda dan Laut Arafuru. Hal ini dapat meningkatkan tinggi gelombang di wilayah sekitar perairan tersebut.

Guswanto mengungkapkan wilayah-wilayah yang berpotensi dilanda hujan lebat, angin kencang, dan petir pada tanggal 16-17 Mei 2024, antara lain:

1. Wilayah yang berpotensi dilanda hujan lebat, angin kencang, dan petir:16 Mei

Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, Papua.

2.. Wilayah yang berpotensi dilanda hujan, angin kencang, dan petir:

Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tenggara.

3. Wilayah yang berpotensi dilanda angin kencang:

Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur.

4. Wilayah yang berpotensi dilanda hujan lebat, angin kencang, dan petir:17 Mei

Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, Papua.

5. Wilayah yang berpotensi dilanda hujan, angin kencang, dan petir:

Lampung, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat.

6. Wilayah yang berpotensi dilanda angin kencang:

Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur.

BMKG terus memantau perkembangan cuaca dan memberikan peringatan dini agar masyarakat dapat mengambil langkah pencegahan yang tepat sehingga dapat mengurangi dampak dari cuaca buruk yang diprediksi akan terjadi.

Selalu perhatikan informasi terbaru dari sumber yang terpercaya, dan pastikan untuk melakukan persiapan yang memadai menghadapi potensi cuaca ekstrem tersebut.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved