Sumber foto: kompas.tv

Pengumuman! Tol Indrapura-Kisaran Mulai Berbayar, Tarifnya Segini

Tanggal: 20 Jun 2024 11:16 wib.
Perkembangan infrastruktur jalan tol di Indonesia semakin berkembang dengan diresmikannya Jalan Tol Indrapura-Kisaran. Sebelumnya, Jalan Tol Indrapura-Kisaran Seksi 1 Indrapura-Lima Puluh sepanjang 15,6 Km telah diresmikan dan beroperasi pada bulan Februari 2024. Sementara itu, Seksi 2 Lima Puluh-Kisaran sepanjang 31,9 Km telah dioperasikan sejak bulan Mei 2024. Namun, pada 19 Juni 2024 Pukul 00.00 WIB, tarif tol juga diberlakukan untuk Seksi 2 Lima Puluh-Kisaran.

Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) 1228/KPTS/M/2024 tanggal 31 Mei 2024 menetapkan besaran tarif tol Indrapura-Kisaran. Berdasarkan keputusan tersebut, besaran tarif ditetapkan berdasarkan per-golongan. Tarif pada Junction Indrapura-Kisaran untuk Golongan I sebesar Rp64.000, Golongan II & III sebesar Rp96.000, dan Golongan IV & V sebesar Rp128.000. Sedangkan tarif pada Lima Puluh-Kisaran untuk Golongan I sebesar Rp43.500, Golongan II & III sebesar Rp65.500, dan Golongan IV & V sebesar Rp87.000. Sementara itu, tarif pada Kisaran-Lima Puluh dan Kisaran-Junction Indrapura memiliki tarif yang sama dengan Lima Puluh-Kisaran dan Junction Indrapura-Kisaran.

Sambungan dari Tol Indrapura-Kisaran Seksi 1 (Indrapura-Lima Puluh) dengan Seksi 2 (Lima Puluh-Kisaran) menjadi bagian integrasi tol di Sumatera Utara, tergabung dalam Integrasi Jalan Tol Medan Raya bersama dengan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi dan Tol Tebing Tinggi-Indrapura. Jalan Tol ini juga menjadi alternatif bagi pengguna jalan dari Junction Indrapura menuju Kisaran atau sebaliknya.

Pengguna jalan dihimbau untuk mentaati tata tertib dan ketentuan yang berlaku di Jalan Tol Indrapura-Kisaran. Selain itu, penting untuk memastikan saldo kartu uang elektronik mencukupi sebelum melintas, guna menghindari antrian di gerbang tol.

Peran penting Jalan Tol Indrapura-Kisaran sebagai konektivitas bebas hambatan terlihat dari fungsinya yang menghubungkan sentra produksi dan meningkatkan perekonomian masyarakat, terutama dari daerah Medan menuju Kisaran dan sekitarnya. 

Dengan demikian, Jalan Tol ini dapat mempercepat waktu perjalanan dari Medan menuju Kisaran, yang sebelumnya memakan waktu sekitar 4 jam, kini menjadi hanya 2 jam.

Selain itu, Jalan Tol Indrapura-Kisaran juga terhubung dengan Kabupaten Batubara di sisi Utara dan Kabupaten Asahan di sisi Selatan, melalui Jalan Tol Indrapura-Tebing Tinggi. Hal ini mendukung mobilitas dari Tebing Tinggi menuju Kisaran, Pematang Siantar, hingga Parapat. Jalan Tol Indrapura-Kisaran juga memiliki peran penting dalam menghubungkan beberapa Jalan Tol lainnya, seperti Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, dan Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat.

Dengan beroperasinya Jalan Tol Indrapura-Kisaran, diharapkan akan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi serta memperlancar mobilitas masyarakat di wilayah Sumatera Utara. Dengan adanya jalan tol yang memadukan kemudahan akses dan efisiensi waktu tempuh, diharapkan akan memberikan kontribusi signifikan terhadap pembangunan wilayah dan perekonomian di sekitarnya.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved