Pahami Pentingnya Pajak Agar Bisnis Lebih Optimal

Tanggal: 19 Agu 2023 17:17 wib.
Sekarang ini baik setiap orang maupun perusahaan yang memiliki penghasilan, mempunyai kewajiban untuk membayar pajak. Mungkin bagi beberapa orang saat mendengar kata pajak dianggap menjadi beban. Akan tetapi pada kenyataannya pajak menjadi salah satu sumber penghasilan terbesar bagi negara. Dengan membayar pajak maka Anda sudah berkontribusi secara langsung bagi perekonomian negara. Tidak hanya itu saja, dengan memenuhi kewajiban sebagai wajib pajak dapat membantu bisnis berjalan lebih optimal, berkembang.

Pajak memiliki fungsi :


Fungsi anggaran


Pajak merupakan sumber pendapatan terbesar negara yang nantinya akan membiayai seluruh pengeluaran yang berkaitan dengan pemerintah maupun negara. Pajak yang dibayarkan ini akan digunakan untuk pembangunan nasional dan pengeluaran negara yang lainnya seperti biaya infrastruktur, memperluas lapangan kerja, pemeliharaan, dan yang lainnya.


Fungsi mengatur 


Pajak digunakan sebagai alat untuk mengatur atau melaksanakan kebijakan negara dalam sektor ekonomi dan sosial. Dengan fungsi tersebut meliputi pemberian perlindungan terhadap produksi dalam negeri dengan menetapkan bea masuk yang tinggi untuk produk luar negeri, mendorong ekspor, menghambat laju inflasi, menarik dan mengatur investasi modal untuk perekonomian yang produktif.


Fungsi stabilisasi


Stabilisasi di sini yaitu untuk menstabilkan perekonomian negara, salah satunya masalah inflasi atau deflasi. Sehingga fungsi pajak ini membuat pemerintah harus memiliki dana untuk menjalankan kebijakan yang berhubungan dengan stabilitas harga, sehingga inflasi dapat dikendalikan. Hal ini dapat dilakukan yakni dengan jalan mengatur peredaran uang di masyarakat, pemungutan pajak, penggunaan pajak yang efektif dan efisien.


Fungsi Retribusi Pendapatan


Pajak digunakan untuk membiayai semua kepentingan umum. Terlebih untuk membiayai pembangunan sehingga dapat membuka kesempatan kerja, dan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.

Pajak selain penting untuk keberlangsungan kehidupan bernegara juga penting bagi perusahaan dalam membayar pajak. Berikut ini alasannya :

1.Menunjukkan kredibilitas perusahaan

Dengan membayar pajak secara rutin dan tepat waktu perusahaan akan dinilai sebagai perusahaan dengan kredibilitas yang baik. Apabila perusahaan sering terlambat bahkan tidak membayar pajak, kredibilitas perusahaan akan menurun karena dianggap tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, sebagai wajib pajak badan, Anda harus segera membayar dan melaporkan pajak sebelum batas lapor habis.

2.Memastikan sehatnya keuangan perusahaan

Membayar pajak secara tepat waktu menunjukkan keuangan perusahaan sehat. Karena, apabila Anda terlambat dalam membayar pajak, laporan keuangan akan berantakan dan tidak teratur.

3.Perusahaan terlihat profesional

Syarat dalam membayar dan lapor pajak adalah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Adanya NPWP, perusahaan akan terlihat lebih profesional terlebih apabila perusahaan taat dalam membayar pajak secara tepat waktu.

4.Pinjaman diperoleh lebih mudah

Adanya NPWP perusahaan, bermanfaat juga untuk mendapatkan pinjaman bank dengan lebih mudah. Biasanya NPWP menjadi salah satu dokumen yang diperlukan untuk meminjam dana dari bank. Adanya pinjaman ini, bisa Anda manfaatkan untuk mengembangkan perusahaan sehingga bisnis akan berjalan lebih mudah.

5.Mudah mendatangkan investor

Membayar pajak secara tepat dapat mendatang investor lebih mudah. Hal ini dikarenakan, perusahaan dianggap memiliki keuangan yang sehat dan transparan. Sehingga investor tidak akan ragu untuk memberikan dana bagi perusahaan, karena dengan membayar pajak secara tepat waktu membuktikan bahwa perusahaan Anda profesional dan bertanggung jawab.

6.Memperlancar proses bisnis

Ketika Anda memiliki bisnis, maka kepemilikan NPWP merupakan persyaratan dari banyak transaksi bisnis. Memiliki NPWP juga menjadi satu syarat wajib pajak dalam melakukan proses pembayaran hingga pelaporan pajak. Jika segala urusan pembayaran dan pelaporan pajak telah dilunasi dan tidak ada keterlambatan, maka akan memudahkan pelaku bisnis dalam menjalankan bisnisnya dan terhindar dari denda pajak. Sehingga, bisnis yang dijalankan akan berjalan lebih optimal dan aman tentunya.

Itulah fungsi pajak dan pentingnya membayar pajak bagi perusahaan. Sebagai warga negara yang baik, taat dalam membayar pajak merupakan keharusan. Dan bagi Anda yang kurang memahami masalah perpajakan bisnis, dapat berkonsultasi dengan konsultan pajak Jakarta.

Kami isipajak.com dan isipajak.co.id dapat membantu Anda wajib pajak pribadi maupun badan usaha yang membutuhkan pelayanan konsultan pajak profesional dengan harga yang terjangkau. 100% transparan dengan konsultan pajak profesional. Kami memiliki konsultan pajak resmi dan terdaftar serta berpengalaman setidaknya lebih dari 15 tahun dibidangnya. Kami tidak menyerahkan atau mensubtitusikan pekerjaan klien pada pihak lain, semua kami kerjakan 100% dengan konsultan profesional yang kami miliki.

 

GKM Green Tower Lantai 2 Unit 205

Jl. TB Simatupang Kav. 89 Jakarta Selatan.

Email : tanya@isipajak.com
Copyright © Tampang.com
All rights reserved