Sumber foto: Cnbcindonesia.com

NASA Bocorkan Foto IKN dari Luar Angkasa, Ada Apa?

Tanggal: 25 Mar 2024 06:36 wib.
Lembaga Antariksa Amerika Serikat (AS), NASA, berhasil menangkap gambar pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dari udara melalui OLI-2 (Operational Land Imager-2) di Landsat 9 dan OLI di Landsat 8.

Dalam gambar yang dirilis Earth Observatory NASA, terlihat IKN pada bulan April 2022 dan Februari 2024. Pada gambar tahun 2024, terlihat adanya perubahan signifikan dimana banyak lahan di dalam hutan telah dibuka untuk dijadikan jalan utama.

Pembangunan IKN dimulai pada Juli 2022 di kawasan hutan dan perkebunan kelapa sawit, sekitar 30 kilometer ke daratan dari Selat Makassar. Langkah ini diambil sebagai respons terhadap tantangan lingkungan yang dihadapi oleh Jakarta, ibu kota Indonesia saat ini.

Wilayah metropolitan Jakarta dihuni oleh 30 juta orang dan telah mengalami pertumbuhan pesat dalam beberapa dekade terakhir. Banjir, kemacetan lalu lintas, polusi udara, dan kekurangan air minum merupakan masalah umum yang kerap terjadi di Jakarta.

Selain itu, Jakarta juga diisukan bakal tenggelam dalam beberapa tahun ke depan. Penurunan permukaan tanah hingga 15 sentimeter per tahun akibat eksploitasi air tanah berlebihan telah membuat sekitar 40% wilayah kota berada di bawah permukaan laut.

Namun, beberapa peneliti mengkhawatirkan bahwa perubahan penggunaan lahan untuk pembangunan IKN dapat membahayakan hutan dan satwa liar di wilayah tersebut. Kawasan daratan dan perairan pantai yang tengah dikembangkan kaya akan keanekaragaman hayati, serta menjadi rumah bagi hutan bakau, bekantan, dan lumba-lumba Irrawaddy.

Meskipun terjadi perubahan signifikan selama satu setengah tahun terakhir, pembangunan kota ini masih jauh dari selesai. Konstruksi direncanakan akan selesai pada tahun 2045. Hal ini menandakan bahwa proyek pembangunan IKN merupakan sebuah proyek yang sangat ambisius dan melibatkan banyak aspek yang perlu diperhatikan dengan cermat.

Dengan adanya gambar-gambar dari luar angkasa ini, diharapkan pemerintah dan para ahli lingkungan dapat memperhatikan dampak-dampak dari pembangunan IKN terhadap lingkungan sekitar, baik secara lokal maupun global. Selain itu, perlu adanya upaya-upaya untuk melindungi ekosistem yang ada di wilayah ini, serta memastikan bahwa pembangunan IKN dilakukan secara berkelanjutan dan bertanggung jawab.

Sebagai negara yang memiliki kekayaan alam dan keanekaragaman hayati yang melimpah, Indonesia memiliki tanggung jawab besar dalam memastikan bahwa pembangunan infrastruktur seperti Ibu Kota Nusantara dilakukan dengan cara yang berkelanjutan dan tidak merugikan lingkungan serta ekosistem yang ada.

Diharapkan, dengan adanya pemantauan dan perhatian yang intensif terhadap dampak lingkungan dari pembangunan IKN, pembangunan kota baru tersebut dapat diarahkan untuk memperkuat ketahanan lingkungan, menjamin kelangsungan hayati ekosistem, dan memberikan manfaat positif bagi masyarakat di sekitarnya.

Namun demikian, terlepas dari kontroversi dan pertimbangan-pertimbangan yang ada, tampaknya Ibu Kota Nusantara tetap akan menjadi fokus perhatian dalam waktu yang akan datang. Oleh karena itu, penting bagi kita semua untuk terus mengikuti perkembangan proyek ini, serta memastikan bahwa pembangunan IKN dilakukan dengan memperhatikan dampaknya terhadap lingkungan dan masyarakat sekitarnya. Kita semua memiliki kewajiban untuk ikut serta dalam memastikan bahwa proyek-proyek pembangunan dilakukan dengan cara yang bertanggung jawab dan berkelanjutan.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved