Sumber foto: google

Mobil Damkar Tertabrak Kereta Api di Indramayu

Tanggal: 7 Jul 2024 12:18 wib.
Sebuah mobil milik Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Indramayu, ringsek setelah tertabrak kereta api barang relasi Kampung Bandan-Kalimas di perlintasan Haurgeulis, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Selasa (2/7/2024) dini hari. Dari rekaman video amatir terlihat, mobil damkar tersebut menerobos palang pintu kereta api yang sudah tertutup. Tiba-tiba mobil damkar itu mengalami mati mesin di tengah perlintasan kereta api.

Nahas, pada saat bersamaan, kereta barang dari arah Jakarta menuju Jawa melaju kencang hingga menabrak mobil damkar tersebut. Mobil terseret sejauh 30 meter. Beruntung, saat peristiwa tersebut terjadi, lima anggota Damkar Indramayu yang berada di dalam mobil berhasil menyelamatkan diri.

Menurut Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Rokhmad Makin Zainul, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 01.55 WIB."Jadi sekitar pukul 01.55 WIB terima laporan dari masinis kereta api 2526, kereta api barang relasi Kampung Bandan tujuan Kalimas, di Stasiun Haurgeulis, keretanya tertemper kendaraan jenis pemadam kebakaran," ungkapnya saat ditemui di Stasiun Cirebon.

Zainul mengatakan, sebelum peristiwa tersebut terjadi, palang pintu perlintasan kereta api telah tertutup. Mobil damkar tersebut menerobos hingga mengalani mati mesin di tengah perlintasan kereta api. "Untuk pintu perlintasan sebenarnya sudah dilayani (ditutup) oleh petugas, tetapi di tengah perlintasan ada kendaraan tersebut," katanya.

Akibatnya, sejumlah sarana di perlintasan tersebut mengalami kerusakan, dan lokomotif kereta barang itu harus dievakuasi ke Stasiun Cirebon. "Ada beberapa kerusakan dari lokomotif kami dan prasarana kami, selanjutnya dilakukan perbaikan di Stasiun Cirebon," ucapnya.

Zainul menambahkan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, baik dari pihak pemadam kebakaran, maupun dari masinis kereta api. "Untuk korban tidak ada, baik dari kami (masinis) maupun dari pengendara kendaraan," tambahnya.

Zainul menjelaskan, meski kendaraan darurat melintas, para pengendara harus tetap memprioritaskan kereta api yang melintas. "Sebetulnya yang harus diprioritaskan, tetap kereta api, saat sirine dan pintu palang kereta telah tertutup, maka harus mendahulukan kereta, karena kereta api tidak bisa berhenti mendadak," jelasnya.

Sementara itu, akibat dari kecelakaan itu, dua jadwal perjalanan kereta api sempat terganggu, karena adanya proses evakuasi bangkai kendaraan. "Akibat dari peristiwa itu ada dua perjalanan kereta api barang yang terganggu, proses evakuasi selesai pukul 05.52 WIB," tutupnya. Diketahui, sebelum mobil Damkar itu tertabrak kereta api, mobil Damkar tersebut hendak memadamkan kebakaran di Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Kejadian ini menunjukkan bahwa perlunya perbaikan sistem keselamatan lintas rel dan koordinasi antar sektor terkait guna mencegah insiden serupa di masa depan. Dengan adanya perhatian yang serius terhadap masalah ini, diharapkan dapat tercipta lingkungan yang lebih aman dan tertib dalam penggunaan jalur lintas rel, sehingga insiden tragis seperti ini dapat diminimalisir.

Sebagai masyarakat, kita juga diingatkan untuk selalu menjaga keselamatan dalam berlalu lintas, terutama saat melintasi perlintasan kereta api. Kesadaran akan bahaya di sekitar lintas rel dan kepatuhan terhadap aturan lalu lintas adalah kunci utama dalam menjaga keselamatan kita sendiri maupun orang lain. Semoga kejadian ini dapat menjadi pengingat bagi semua pihak akan pentingnya keselamatan lintas rel dan koordinasi yang baik antar sektor terkait.

Melalui artikel ini, diharapkan para pembaca dapat lebih memahami tentang kejadian tragis mobil damkar yang tertabrak kereta api di Indramayu dan mendukung upaya-upaya untuk meningkatkan keselamatan lintas rel di masa depan. Kita perlu bersama-sama menjaga keselamatan dalam berlalu lintas dan memastikan bahwa insiden serupa dapat diminimalisir melalui tindakan preventif yang efektif. Semoga insiden ini menjadi momentum untuk perbaikan dalam sistem keselamatan lintas rel di Indonesia. 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved