Mentan Amran: Pemerintah sudah Bagikan 400.000 Pompa untuk Petani

Tanggal: 29 Jul 2018 10:15 wib.
Menteri Pertanian, Amran Sulaiman mengaku telah membagikan 400.000 pompa untuk petani. Hal ini merupakan upaya untuk mengatasi masalah kekeringan yang merupakan fenomena tahunan dan itu telah diantisipasi sejak tiga tahun lalu, di awal masa pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Pernyataan tersebut diungkapkannya usai penandatanganan MoU dengan Majelis Umat Islam (MUI) sekaligus launching program pemberdayaan ekonomi umat berbasis pondok pesantren pada sektor pertanian dan peternakan di Hotel Claro, Makassar, Sabtu (28/7/2018).

"Antisipasi kekeringan sudah dilakukan sejak tiga tahun sebelumnya. Sudah dipersiapkan sejak awal pemerintahan Joko Widodo karena kita tahu kekeringan itu terjadi tiap tahun," terangnya.

Selain pompa air, pemerintah juga telah melakukan normalisasi saluran irigasi.

Namun, tak hanya musibah kekeringan saja. Pemerintah juga mengatasi musibah banjir yang melanda di sejumlah lahan pertanian milik warga. Bagi lahan warga yang terendam banjir, pemerintah telah menyiapkan asuransi untuk 1 juta hektare lahan di seluruh Indonesia, terutama yang rawan banjir. Misalnya saja, musibah banjir yang baru-baru ini melanda di Kabupaten Wajo karena luapan danau Tempe.

“Belum tahu nilai kerugiannya (yang dialami warga Wajo) tapi kami telah bergerak cepat. Sudah dari sana memberikan bantuan pupuk gratis kepada warga petani yang kena banjir. Juga sudah berikan eskavator besar untuk menggali endapan untuk mengurangi banjir," terangnya.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved