Sumber foto: CNNIndonesia.com

Keberhasilan Transformasi PLN Menjadi Benchmark Perusahaan Global

Tanggal: 16 Sep 2024 06:51 wib.
Kesuksesan transformasi PT PLN (Persero) dalam menjadi benchmark atau tolak ukur bagi perusahaan-perusahaan lain telah mendapat perhatian dari perusahaan energi internasional seperti Gulf Energy Development dari Thailand, Banpu Public Company Limited dari Thailand, dan Sarawak Energy Berhad dari Malaysia. Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN, menyatakan bahwa dalam empat tahun terakhir, perusahaan ini telah melakukan transformasi besar-besaran yang berfokus pada efisiensi, inovasi, dan kepuasan pelanggan. Transformasi ini telah membawa perubahan besar bagi PLN baik di sektor bisnis, energi pembangkit, hingga sisi layanan pelanggan.

Darmawan menambahkan bahwa berbagai upaya transformasi dilakukan karena PLN tidak hanya ingin menghasilkan listrik yang andal, tetapi juga berkelanjutan untuk masa depan bumi dan generasi mendatang. PLN terus melanjutkan agenda Transformasi 2.0 sejak November 2023 sebagai kelanjutan kesuksesan Transformasi sebelumnya dengan tujuan untuk menjawab tantangan dan peluang masa depan dengan target yang lebih tinggi.

Hartanto Wibowo, Direktur Perencanaan Korporat dan Pengembangan Bisnis PLN, menyampaikan bahwa kesuksesan transformasi PLN sebagai contoh adaptasi dan inovasi di era transisi energi telah menarik perhatian banyak perusahaan energi di tingkat lokal dan internasional. Melalui kegiatan ‘PLN Go & See’, perusahaan lain berkesempatan untuk melihat keberhasilan implementasi transformasi yang dilakukan PLN. 

Hartanto juga membahas kolaborasi sebagai skema kunci untuk memecahkan tantangan transisi energi, dan PLN senantiasa memperluas kolaborasi serta memperkuat komitmen industri terhadap solusi energi yang ramah lingkungan.

Deputi CEO Gulf Energy Development, Ravi Kurmarohita, memberikan apresiasi kepada PLN karena telah dan terus melakukan transformasi di sektor energi kelistrikan. Gulf Energy Development bahkan berharap dapat berkolaborasi dengan PLN dalam agenda transformasi di sektor energi. Sementara Banpu Public Company Limited dan Sarawak Energy Berhad (SEB) juga mengapresiasi transformasi PLN Group.

Banpu Public Company Limited melakukan benchmark ke subholding PLN, PLN Indonesia Power untuk studi sistem digitalisasi pembangkitan, Reliability and Efficiency Optimization Center (REOC), yang telah berhasil diterapkan di pembangkit di Indonesia. 

Sementara itu, SEB menjadikan PLN sebagai benchmark dalam pengelolaan pembangkit listrik EBT. Perusahaan asal Malaysia ini melakukan benchmark ke PLTS Terapung Cirata yang dikelola PLN Nusantara Power pada 13-14 Agustus lalu. Apresiasi dari perusahaan-perusahaan energi ini menunjukkan bahwa transformasi PLN telah menarik perhatian global dan dapat menjadi inspirasi bagi perusahaan energi lainnya, terutama dalam menggunakan energi terbarukan.

PLN telah berhasil membuktikan diri sebagai perusahaan energi yang mampu bertransformasi secara efektif dan menjadi contoh bagi perusahaan energi lain di seluruh dunia. Keberhasilan PLN dalam menghadapi tantangan transisi energi dapat menjadi inspirasi bagi perusahaan-perusahaan lain untuk mempercepat transformasi mereka guna menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved