Jenis-jenis Kubah Masjid untuk Memperindah Bangunan Masjid

Tanggal: 9 Mei 2020 10:56 wib.
Berbicara tentang masjid tentunya tidak akan terlepas dari kubah masjid. Karena seperti yang kita ketahui bahwa kubah merupakan salah satu ciri khas bangunan dari sebuah masjid. Dengan adanya kubah maka kita dapat mengetahui bila bangunan atau tempat tersebut adalah sebuah masjid. Ini karena ciri khas sebuah masjid di mana pun kita berada apabila sedang mencari masjid maka dapat mengetahuinya dari bangunan kubahnya. memnag di Indonesia tidak semua masjid menggunakan kubah masjid. Hal ini karena di Idnonesia mempunyai kebuayaan serta kultur-kultur yang berbeda sehingga ada juga masjid yang tidak memiliki kubah karena menjadi ciri khas di nusantara yang merupakan warisan waliyullah pada jaman dahulu. Akan tetapi tidak sedikit juga yang beranggapan bahwa bangunan masjid harus memiliki kubah sebagai simbol dari bangunan masjid.

Karena dengan adanya atah atap atau kubah masjid maka dapat menjadi acuan bagi orang-orang yang mencari tempat untuk beribadah (masjid). Kubah masjid telah menjadi sebuah simbol dari bangunan masjid dan bahkan kubah masjid juga sebagai bentuk kemegahan atau keindahan bangunan masjid itu sendiri. Masjid dapat terlihat begitu megah dan indah dengan menggunakan kubah masjid. Dan selain dapat memperindah bangunan suatu masjid juga memiliki fungsi sebagai penanda arah kiblat dari sisi luar. Dengan adanya kubah masjid akan menjadikan bangunan masjid tersebut menjadi lebih terang. Ini karena sisi luar kubah masjid serta reflektor cahaya yang berfungsi sebagai penerangan sisi dalam interior masjid. 



Terdapat beberapa jenis kubah masjid yang sering digunakan pada masjid yang ada di Indonesia, yaitu :


Kubah Masjid GRC


Kubah masjid GRC atau Glassfiber Reinforced Cemen, yakni kubah masjid yang terbuat dari beton dengan kualitas sangat kokoh serta kuat. Bahan dasarnya bahan beton sehingga lebih awet karena memiliki daya tahan  yang kuat untuk menahan panas dari sinar matahari serta air hujan. Kubah masjid GRC ini banyak digunakan karena memiliki daya tahan yang baik dari segala kerusakan yang terjadi karena faktor cuaca, korosi jamur dan abrasi. 


Kubah Masjid Enamel


Jenis kubah masjid enamel ini terbuat dari bahan plat baja yang mempunyai komposisi dengan karbon yang rendah. Biasnya kubah masjid jenis ini dilengkapi dengan porselin enamel agar lebih awet dan tidak mudah berkarat. Kubah masjid enamel termasuk pada kubah modern Keunggulam dari kubah masjid enamel ini adalah memiliki bobot yang ringan, daya tahan yang cukup kuat dan tahan terhadap guncangan gempa bumi. 


Kubah Masjid Galvalum


Yakni salah satu bahan material pada kubah di suatu masjid yang kini sudah diperhitungkan dalam pembuatan kuba. Kubah jenis ini menggunakan konstruksi yang berbahan material galvalum, material baja ringan yang telah melewati serangkaian uji coba dalam beberapa tahun lamanya oleh para ahli. Ketahanan bahan kubah galvalum ini telah teruji sehingga tidak perlu diragukan lagi. 


Kubah Masjid Fiber


Kini, kubah masjid ada yang terbuat dari bahan fiber glass yang merupakan sebuah inovasi terbaru. Kubah fiber merupakan teknologi baru dalam pembuatan kubah ini karena diperoleh dari bahan untuk membuat pesawat. Bahan fiber tidak hanya digunakan untuk membuat pesawat tetapi juga untuk pembuatan kapal layar. Kubah jenis ini bahkan cukup terkenal di beberapa negara tetangga. Dalam pembuatan kubah fiber ini menggunakan bahan-bahan yang berasal dari Jerman sehingga harga kubah masjid jenis ini lebih mahal dari kubah enamel dan kubah galvalum. Namun kubah fiber ini mempunyai bahan yang cenderung ringan sehingga sangat cocok digunakan pada masjid-masjid yang berukuran besar.


Kubah Masjid Modern


Sesuai dengan namanya, desainnya dibuat lebih modern serta lebih tertata apik. Dalam pembuatannya tidak boleh sembarangan dan harus mempertimbangkan mengenai kualitas dari kubah tersebut. Dan yang lebih penting yaitu kubah tersebut tahah lama, tahan terhadap sinar matahari serta tahan terhadap segala jenis cauaca. Pada umumnya kubah modern mengusung jenis kubah yang di dalamnya terdapat nila artistik dan modern. Yang kemudian desainnya diaplikasikan pada kubah sebuah masjid agar menjadi salah satu ciri khas yang menarik.



Saat ini desain kubah masjid menjadi salah satu ornamen yang terus mengalami perkembangan. Dapat terlihat dari berbagai masjid yang memiliki desain kubah yang beragam serta menarik. Ini menunjukkan bahwa kontraktor kubah masjid telah berhasil dalam membuat desain yang menarik dan berkualitas. Bila anda sedang membutuhkan jasa pembuatan kubah masjid yang berpengalaman dan bermutu tinggi serta ditangani oleh ahlinya, anda dapat datang langsung ke alamat berikut ini :

Kantor 
Desa Ngrayung
Kec. Gandusari, Kab. Trenggalek,
Jawa Timur

Telp./SMS/WA : 0822 3548 9192 / 0823 3325 2491

Email : asiajayakubah@gmail.com
Copyright © Tampang.com
All rights reserved