Sumber foto: website

Jalan Majalengka - Kuningan Bakal Ditutup Mulai Besok, Satlantas Cek Kondisi Jalur Alternatif

Tanggal: 22 Jul 2024 19:58 wib.
Dilaporkan bahwa Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Majalengka akan mengecek kondisi jalan nasional Majalengka - Kuningan di Kecamatan Cikijing, Kabupaten Majalengka, yang akan ditutup mulai besok. Jalur tersebut berada di area perbukitan dan rawan longsor saat musim hujan, sehingga akan dilakukan pengupasan untuk menambah bahu jalannya.

AKP Mochammad Ali, Kasat Lantas Polres Majalengka, menyatakan bahwa pihaknya akan meninjau kondisi jalur alternatif Majalengka - Kuningan yang digunakan selama jalur via Cikijing ditutup sementara akibat pekerjaan tersebut bersama dengan Kementerian PUPR, Dinas Perhubungan (Dishub), dan pihak terkait lainnya.

Rencananya, Satlantas Majalengka akan menerapkan rekayasa lalu lintas di jalur tersebut dengan melibatkan stakeholder terkait termasuk Polres Kuningan. Rekayasa lalu lintas berupa pengalihan arus kendaraan dari arah Majalengka menuju Kuningan maupun sebaliknya akan menggunakan jalur alternatif.

Meskipun demikian, belum ada keputusan yang pasti mengenai jalur alternatif yang akan digunakan, karena kondisinya harus dipastikan terlebih dahulu apakah siap untuk dilintasi kendaraan.

Pada masa penutupan jalur sebelumnya akibat longsor, jalur alternatif yang digunakan adalah melalui Desa Gunungmanik, Kecamatan Talaga, Kabupaten Majalengka. Selanjutnya, para pengendara diarahkan untuk melintasi Jalan Cidulang - Cipulus yang langsung menuju Gunung Sirah, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan.

Penentuan rekayasa lalu lintas dan jalur alternatif yang akan diputuskan setelah peninjauan bersama instansi terkait, kemudian akan diterapkan mulai besok. Mochammad Ali memperkirakan bahwa penerapan rekayasa berupa pengalihan arus kendaraan ke jalur alternatif tersebut akan berlangsung selama sekitar dua bulan sesuai masa pekerjaan di ruas jalan Majalengka - Kuningan.

Dengan penutupan jalan dan penggunaan jalur alternatif ini, penting bagi para pengguna jalan untuk memperhatikan informasi dan petunjuk yang diberikan oleh petugas serta mematuhi aturan lalu lintas demi keamanan dan kelancaran arus lalu lintas.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved