Sumber foto: google

Heru Budi: Tak Lebih dari Juni, Ibu Kota Akan Pindah ke IKN Kalimantan

Tanggal: 30 Mei 2024 11:59 wib.
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menegaskan bahwa sebentar lagi Ibu Kota Negara akan pindah ke Nusantara di Kalimantan Timur. Jakarta akan berubah status menjadi Daerah Khusus Jakarta (DKJ). Menurutnya itu akan terjadi dalam waktu dekat."Bapak ibu adalah kemungkinan tamu terakhir yang kami sebut selamat datang di ibu kota DKI Jakarta. Kalimat ini mungkin kalimat terakhir, nanti tidak lebih dari bulan Juni, Juli dan seterusnya ibu kota akan berpindah ke IKN Kalimantan," tuturnya kala berbicara dalam Crisis Management Conference 2024 di Hotel Langham Jakarta, Rabu (29/5).

Heru menuturkan kemungkinan acara Crisis Management Conference 2024 menjadi kesempatan terakhir Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyebut DKI Jakarta sebagai ibu kota dalam sambutan acara. Mulanya, Heru menyambut para hadirin kegiatan tersebut 'Selamat datang di DKI Jakarta'. Lalu dia mengatakan ke depan tak akan ada lagi sambutan itu melainkan, 'selamat datang di DKJ'. DKJ adalah singkatan dari Daerah Khusus Jakarta ketika ibu kota RI resmi pindah ke IKN Nusantara di Kalimantan.

Proyek pemindahan ibu kota merupakan bagian dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2024. Pemerintah telah menetapkan kawasan yang tepat untuk membangun ibu kota baru, yaitu di sekitar area Indonesia Knowledge Park (IKP) di Kalimantan Timur. Heru Budi menekankan bahwa pemindahan ibu kota ke IKN Kalimantan akan membawa manfaat besar bagi Indonesia dalam jangka panjang.

Pemindahan ibu kota ini diharapkan dapat membuka peluang pembangunan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja baru di wilayah Indonesia Timur. Selain itu, pemindahan ini juga diharapkan dapat mengurangi tekanan pada Jakarta dan menjadi langkah strategis dalam mengatasi isu-isu lingkungan yang kerap dihadapi oleh ibu kota saat ini.

Heru mengatakan Jakarta nantinya akan menjadi Kota Global. Karena itu, ia memerlukan masukan-masukan dari negara tetangga seperti Thailand hingga Jepang terkait dengan manajemen krisis untuk ketahanan Kota Jakarta."Pertemuan ini diharapkan dapat memperkokoh keterlibatan jejaring kota, untuk memetakan strategi, jalur kolektif menuju ketahanan kota, meningkatkan kesiapsiagaan kota pada keadaan darurat, serta membentuk kota yang lebih tangguh dan berkelanjutan di masa depan," ujar pria yang sebelumnya dikenal pula sebagai Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Jokowi.

Selain itu, Heru Budi juga menekankan pentingnya pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan yang berkelanjutan dalam proses pemindahan ini. Pemerintah akan melakukan berbagai langkah perlindungan dan pelestarian lingkungan sebagai bagian integral dari proyek pemindahan ibu kota ini. Status Jakarta sebagai ibu kota baru bisa tergantikan oleh Nusantara di Kalimantan Timur apabila Keputusan Presiden tentang UU IKN terbit. Belum diketahui kapan aturan itu diterbitkan.

Tentu saja, pemindahan ibu kota adalah proyek besar dan kompleks yang memerlukan koordinasi yang baik antara berbagai pihak terkait. Namun, dengan dukungan dan komitmen yang kuat, Heru Budi optimis bahwa pemindahan ibu kota ke IKN Kalimantan dapat terlaksana sesuai target yang telah ditetapkan, yaitu tidak lebih dari bulan Juni.

Pemindahan ibu kota menjadi salah satu agenda penting bagi pemerintah Indonesia dalam menghadapi tantangan pembangunan di masa depan. Dalam pernyataan terbarunya, Heru Budi menyatakan bahwa kesiapan infrastruktur dasar, termasuk jalan, listrik, air bersih, dan fasilitas kesehatan, akan menjadi prioritas utama dalam memastikan kesuksesan pemindahan ibu kota.

Dengan demikian, pemindahan ibu kota ke IKN Kalimantan merupakan langkah konkret pemerintah dalam membuka peluang pembangunan yang lebih merata di seluruh wilayah Indonesia. Harapan besar pun tersemat dalam pemindahan ini, yaitu terwujudnya ibu kota yang lebih berkelanjutan, berdaya saing global, dan memberikan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia. Dengan segala persiapannya, pemerintah berkomitmen untuk menjalankan proyek ini dengan penuh integritas dan kehati-hatian.

Dengan pernyataan-pernyataan yang telah disampaikan oleh Heru Budi, masyarakat diimbau untuk memantau perkembangan terkait pemindahan ibu kota ke IKN Kalimantan dengan seksama. Sebagai proyek nasional yang besar, pemindahan ibu kota ini menjadi tanggung jawab kita bersama untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi Indonesia.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved