Sumber foto: website

Hari Pertama Konser Bruno Mars, Arus Lalin Menuju JIS Padat Merayap

Tanggal: 11 Sep 2024 20:55 wib.
Konser hari pertama Bruno Mars di Jakarta International Stadium (JIS) telah menimbulkan padatnya arus lalu lintas di berbagai akses menuju lokasi konser. Akses ke Mandiri Gate (Taman BMW), Treasure Gate (Pintu Selatan), dan Billionaire Gate (JPO Ancol) menjadi terpantau padat sejak pukul 17.00 WIB.

Dampak dari tingginya antusiasme penonton terlihat dari kemacetan yang terjadi di sepanjang jalan, baik di depan Ancol maupun di jalan-jalan menuju area JIS. Banyak penonton yang memadati area parkir di sekitar JPO Ancol, sehingga mengakibatkan kemacetan parah. Mereka berjalan kaki menuju JIS, dengan menyeberangi JPO Ancol yang turut memperparah situasi.

Kondisi kemudian semakin parah di area parkir sekitar Mandiri Gate (Taman BMW) dan Treasure Gate (Pintu Selatan). Beberapa lokasi di sekitar yang dimanfaatkan sebagai tempat parkir dadakan, termasuk SDN Sunter Agung yang berada persis di seberang Treasure Gate (Pintu Selatan), ikut memperlama kemacetan.

Sebanyak ribuan personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan konser Bruno Mars yang berlangsung selama tiga hari, yakni 11, 13, dan 14 September 2024 di JIS. Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Ade Ary Syam Indradi, menjelaskan bahwa sebanyak 2.000 personel disiagakan untuk menjaga kelancaran kegiatan konser tersebut.

Ade Ary menekankan bahwa pengamanan konser akan mengedepankan kegiatan preemtif, preventif, serta didukung oleh kegiatan intelijen dan penegakan hukum guna memastikan stabilitas kamtibmas yang kondusif selama konser berlangsung.

Selain itu, Ade Ary menjelaskan bahwa dari total 2.000 personel gabungan, terdiri dari Satuan Tugas Darurat (Satgasda) sebanyak 1.628 personel, Satuan Tugas Penanggulangan Bencana (Satgasres) 160 personel, dan BKO dari TNI dan Pemda DK Jakarta sebanyak 212 personel.

Keputusan rekayasa lalu lintas pun disesuaikan dengan kondisi lapangan yang akan dievaluasi secara berkala. Hal ini menjadi langkah penting untuk mengantisipasi eskalasi situasi di lapangan yang dapat memengaruhi arus lalu lintas sekitar JIS.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved