Sumber foto: website

Gudang BBM Ilegal Kebakaran, 3 Mobil Terbakar dan 4 Kali Terdengar Ledakan

Tanggal: 21 Sep 2024 18:27 wib.
Sebuah kebakaran hebat terjadi di Jalan Keramat Jaya, Hajimena, Natar, Lampung Selatan atau di belakang Perumahan Lumenta pada Jumat (20/9/2024) sekitar pukul 16.00 WIB. Gudang tersebut diduga sebagai tempat penyimpanan Bahan Bakar Minyak (BBM) ilegal, dan akibatnya, tiga mobil yang terdiri dari 2 unit mobil pikap dan satu mobil tangki colt diesel, serta belasan tangki diduga berisi BBM, hangus terbakar.

Ilham, seorang warga setempat, mengatakan bahwa saat itu dia sedang santai di rumah ketika tiba-tiba mendengar suara ledakan. Ia langsung menuju lokasi dan melihat kebakaran tidak jauh dari rumahnya. "Kebakaran gudang minyak BBM, ada 3 mobil sama belasan tangki hangus terbakar," ungkapnya. Ilham juga menyebutkan bahwa kebakaran itu terjadi tiba-tiba dan menyebabkan keempat ledakan yang mengguncang sekitar area kejadian.

Dirinya juga mengaku tidak tahu siapa pemilik gudang BBM ilegal tersebut. Menurut dia, gudang tersebut sempat tutup, sebelum akhirnya saat ini beroperasi kembali. Sampai saat ini, belum ada informasi resmi dari pihak terkait mengenai penyebab pasti kebakaran tersebut. Polisi juga belum memberikan penjelasan detil apakah gudang tersebut merupakan tempat penyimpanan BBM ilegal atau bukan.

Kabid Damkar Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Lampung Selatan, Rully Fikriansyah, mengatakan bahwa banyaknya BBM membuat anggotanya kesulitan dalam proses pemadaman. "Masih dalam proses pemadaman sampai saat ini. Kita tunggu hingga proses pemadaman ini selesai," ujarnya.

Kebakaran gudang BBM ilegal ini telah mengundang kekhawatiran terkait keamanan lingkungan sekitar. Selain risiko kebakaran, BBM ilegal juga dapat menyebabkan pencemaran lingkungan dan risiko kecelakaan yang lebih tinggi, terutama jika penyimpanan dan pengangkutan dilakukan tanpa mengikuti standar keselamatan yang ditetapkan.

Kondisi ini menunjukkan perlunya penegakan hukum yang lebih ketat terhadap penyimpanan dan peredaran BBM ilegal. Diperlukan kerjasama antara aparat penegak hukum, instansi terkait, dan masyarakat untuk mengawasi dan melaporkan adanya praktik ilegal semacam ini.

Selain itu, pemerintah juga perlu meningkatkan upaya dalam pemberantasan praktik penyimpanan dan peredaran BBM ilegal dengan menguatkan pengawasan dan penindakan yang tegas. Penguatan sanksi hukum juga diperlukan sebagai bentuk efektivitas dalam mencegah dan memberantas praktik ilegal tersebut.

Kesadaran masyarakat juga penting dalam hal ini. Dengan adanya informasi yang lebih luas mengenai bahaya dan konsekuensi yang ditimbulkan oleh BBM ilegal, diharapkan masyarakat dapat turut serta dalam upaya pencegahan dan pemutusan mata rantai peredaran BBM ilegal.

Hasil dari pencegahan dan penindakan yang tegas terhadap BBM ilegal diharapkan dapat mengurangi risiko kebakaran, pencemaran lingkungan, dan kerugian materi yang ditimbulkan oleh praktik ilegal tersebut. Dengan demikian, keamanan masyarakat dan lingkungan dapat lebih terjamin, serta ketahanan energi negara dapat terpelihara dengan baik.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved