Sumber foto: website

Gempa M5,3 Guncang Sukabumi

Tanggal: 16 Sep 2024 07:46 wib.
Guncangan gempa bumi dengan magnitude (M) 5,3 menggetarkan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada hari Minggu (15/9/2024) pukul 16.54 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengonfirmasi bahwa gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

BMKG melaporkan bahwa gempa terjadi pada kedalaman 10 km, dan titik gempa berlokasi di 91 km selatan Kabupaten Sukabumi, Jabar, dengan koordinat 7.81 lintang selatan - 106.55 bujur timur. "Gempa Magnitudo 5,3, 15-Sep-2024 16:54:31 WIB, Lokasi: 7.81 LS, 106.55 BT (91 km Selatan KAB-SUKABUMI-JABAR), Kedalaman: 10 Km," demikian keterangan resmi dari petugas BMKG.

Dalam keterangannya, BMKG menekankan bahwa informasi yang diberikan lebih mengutamakan kecepatan, sehingga dampak dari gempa ini belum dapat dipastikan. "Informasi ini lebih menekankan pada kecepatan, sehingga hasil pengolahan data belum stabil dan masih bisa berubah seiring dengan kelengkapan data," demikian tulis keterangan petugas BMKG.

Selain itu, BMKG juga terus memantau perkembangan informasi terkait gempa ini.  Menurut laporan terbaru BMKG, tidak ada laporan kerusakan atau korban jiwa akibat gempa ini. Namun demikian, masyarakat tetap diminta untuk tetap waspada dan mengikuti arahan dari pihak berwenang, terutama terkait dengan potensi gempa susulan atau guncangan lanjutan. 

Gempa bumi merupakan fenomena alam yang tidak bisa diprediksi secara pasti. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk selalu siap menghadapi situasi darurat seperti ini. Edukasi dan persiapan yang matang akan membantu masyarakat dalam mengurangi dampak buruk dari gempa bumi. Masyarakat di daerah yang rawan gempa harus mengerti prosedur evakuasi dan memiliki peralatan darurat yang sesuai agar dapat segera merespons dan bertindak dalam situasi darurat akibat gempa bumi. Peran pemerintah juga sangat penting dalam penyediaan fasilitas dan infrastruktur yang mendukung upaya mitigasi bencana gempa bumi.

Dalam situasi darurat seperti gempa bumi, solidaritas dan kerja sama antar masyarakat serta lembaga-lembaga terkait akan sangat diperlukan. Kolaborasi antara pemerintah, relawan, LSM, dan sektor swasta dapat memberikan bantuan yang efektif bagi mereka yang terdampak oleh bencana alam tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa kesigapan dan koordinasi yang baik dalam menghadapi bencana dapat membantu mengurangi risiko yang diakibatkan oleh bencana tersebut.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved