Sumber foto: website

Gempa M4,7 Guncang Pidie Jaya Aceh Malam Ini, Pusatnya Berada di Darat

Tanggal: 3 Sep 2024 19:26 wib.
Sebuah gempa bumi dengan magnitudo (M) 4,7 mengguncang wilayah Pidie Jaya, Aceh pada hari Senin tanggal 2 September 2024. Gempa tersebut terjadi pada malam hari pukul 20:51 WIB. Informasi ini disampaikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Berdasarkan data dari BMKG, lokasi gempa tersebut terletak pada koordinat 4,86 lintang utara (LU) dan 96,06 bujur timur (BT). Pusat gempa ini terletak di darat, tepatnya sejauh 28 kilometer ke arah barat daya dari Kabupaten Pidie Jaya.

Melalui akun resmi mereka, BMKG menyampaikan informasi terkait gempa tersebut dengan cermat. Mereka menuliskan, "#Gempa (UPDATE) Mag:4.7, 02-Sep-24 20:51:28 WIB, Lok:4.86 LU, 96.06 BT (Pusat gempa berada di darat 28 km barat daya Kab Pidie Jaya), Kedlmn:5 Km Dirasakan (MMI) IV Mane, III Calang, II-III Nagan Raya #BMKG".

Peristiwa gempa bumi ini menciptakan kekhawatiran di kalangan masyarakat, terutama bagi mereka yang tinggal di sekitar wilayah yang terdampak. Dampak dari gempa ini juga terasa dengan intensitas Modified Mercalli Intensity (MMI) level IV di area Mane, dan level III di Calang serta Nagan Raya.

Gempa bumi selalu menjadi peristiwa yang menarik perhatian masyarakat, terutama di wilayah-wilayah yang rawan akan bencana alam tersebut. Aceh sendiri merupakan salah satu daerah di Indonesia yang seringkali menjadi pusat perhatian karena kerentanan terhadap gempa bumi. Dengan adanya gempa bumi di Pidie Jaya ini, perlu adanya perhatian lebih dari pihak terkait untuk memastikan kesiapan dalam menghadapi bencana alam.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved