Sumber foto: website

Gempa M4,5 Guncang Lumajang Jatim

Tanggal: 21 Okt 2024 12:36 wib.
Sebuah gempa bumi dengan magnitudo (M) 4,5 mengguncang kawasan Lumajang, Jawa Timur pada Senin (21/10/2024) sekitar pukul 03.29 WIB. Pusat gempa tersebut tercatat berlokasi pada 8,06 lintang selatan dan 113,40 bujur timur, kurang lebih 20 kilometer timur laut dari Lumajang-Jatim. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa kedalaman gempa tersebut mencapai 161 kilometer.

Pada pemberitaan ini, BMKG melalui akun resmi menginformasikan bahwa "Informasi ini mengutamakan kecepatan, sehingga hasil pengolahan data belum stabil dan bisa berubah seiring kelengkapan data." Hal ini menggambarkan situasi yang masih berkembang dan data yang mungkin akan mengalami perubahan seiring waktu.

Gempa bumi merupakan peristiwa alam yang seringkali mengakibatkan kerusakan dan dampak negatif lainnya. Karenanya, penting bagi masyarakat terutama yang tinggal di daerah rawan gempa untuk selalu waspada dan mempersiapkan diri menghadapi kemungkinan terjadinya gempa bumi.

Menurut seorang ahli geofisika, Dr. Ahmad Subagyo, Jawa Timur termasuk dalam wilayah yang rentan terhadap gempa bumi. Potensi gempa bumi di kawasan tersebut disebabkan oleh aktivitas sesar yang melintasi Pulau Jawa. Oleh karena itu, pemahaman akan perilaku gempa bumi dan upaya mitigasi risiko bencana perlu terus ditingkatkan di daerah-daerah rawan gempa.

Dalam kurun waktu setahun terakhir, beberapa gempa bumi yang signifikan telah terjadi di wilayah Jawa Timur. Pada Mei 2023, gempa bumi dengan magnitudo 6,2 mengguncang Kabupaten Malang dan menimbulkan kerusakan yang cukup serius pada banyak bangunan. Kejadian tersebut menjadi pengingat bagi pengambil kebijakan dan masyarakat untuk terus meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi gempa bumi.

Dampak sosial dan ekonomi akibat gempa bumi juga tidak bisa diabaikan. Banyak kasus menggambarkan bagaimana masyarakat terdampak harus berjuang memulihkan kondisi kehidupannya pasca gempa. Hal ini menambah urgensi dari upaya mitigasi risiko bencana gempa bumi dengan melakukan pendidikan dan pelatihan kepada masyarakat, menyiapkan infrastruktur yang tahan gempa, serta pembangunan perumahan yang sesuai dengan standar keamanan.

Sebagai upaya preventif, pendidikan kebencanaan gempa bumi perlu ditingkatkan di sekolah-sekolah dan masyarakat umum. Kemampuan untuk bertindak dalam situasi darurat, mengevakuasi diri dengan aman, dan memberikan pertolongan pertama pada korban gempa merupakan keterampilan yang sangat penting. Selain itu, para pemangku kepentingan di tingkat pemerintah maupun swasta juga diharapkan menyediakan infrastruktur yang tahan gempa dalam setiap pembangunan.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved