Sumber foto: google

Gempa M4,1 Guncang Sumbawa NTB

Tanggal: 22 Agu 2024 08:42 wib.
Pada Rabu (21/8/2024) sekira pukul 15.29 WIB, gempa bumi berkekuatan Magnitudo 4,1 mengguncang wilayah Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Menurut informasi yang diunggah oleh akun resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui Twitter, episenter gempa terletak di 8.81 Lintang Selatan - 117.67 Bujur Timur.

"#Gempa Mag:4.1, 21-Aug-2024 15:29:23WIB, Lok:8.81LS, 117.67BT (45 km Tenggara SUMBAWA-NTB), Kedlmn:113 Km," tulis BMKG.

Dalam keterangannya, BMKG juga menyampaikan disclaimer yang mengingatkan bahwa informasi tersebut bersifat sementara dan dapat berubah seiring dengan kelengkapan data yang diperoleh.

Guncangan gempa bumi selalu menjadi perhatian masyarakat, terutama di wilayah-wilayah yang berada di jalur rawan gempa. Provinsi Nusa Tenggara Barat memang dikenal rentan terkena gempa bumi karena terletak pada Cincin Api Pasifik yang rawan gempa.

Dampak dari gempa ini masih dalam proses pemantauan, namun masyarakat setempat diimbau untuk tetap waspada dan memperhatikan informasi resmi dari BMKG maupun pihak berwenang terkait.

Sebagai catatan, gempa bumi seringkali diikuti oleh gempa susulan atau aftershock yang bisa terjadi dalam rentang waktu yang cukup lama setelah gempa utama terjadi. Oleh karena itu, kewaspadaan masih perlu dijaga meskipun gempa utama sudah berlalu.

Gempa bumi merupakan fenomena alam yang tidak dapat diprediksi secara pasti, namun upaya-upaya pencegahan dan mitigasi dampak gempa perlu terus dilakukan. Selain penetapan bangunan yang aman dari guncangan, sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang perilaku yang aman saat terjadi gempa juga sangat penting.

Data historis gempa bumi di wilayah Indonesia, termasuk Sumbawa, perlu terus didokumentasikan dan dianalisis untuk meningkatkan pemahaman terhadap pola gempa yang terjadi. Hal ini dapat membantu dalam penyusunan rencana mitigasi bencana dan perencanaan tata ruang yang lebih aman.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved