Sumber foto: website

Gembong Teroris Bengis KKB Mairon Tabuni Ditangkap di Bandara Ilaga, Ini Daftar Kejahatannya

Tanggal: 22 Okt 2024 17:40 wib.
Satgas Damai Cartenz kembali berhasil menangkap anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua. Anggota teroris yang ditangkap bernama Mairon Tabuni alias Solikin, yang dikenal bengis dan sadis, tertangkap di Bandara Aminggaru Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah.

DPO KKB Puncak atas nama Mairon Tabuni alias Solikin sudah berhasil diamankan oleh Satgas Damai Cartenz-2024. Brigjen Pol Faizal Ramadhani, Kepala Operasi Satgas Damai Cartenz-2024, membenarkan penangkapan petinggi KKB tersebut di Bandara Aminggaru Ilaga pada Selasa (22/10/2024).

Menurut Brigjen Faizal, Mairon Tabuni terlibat dalam serangkaian kejahatan, termasuk penyerangan dan penembakan warga sipil di Ilaga, Kabupaten Puncak. Kasatgas Humas Ops Damai Cartenzm, Kombes Pol Bayu Suseno, menambahkan bahwa Mairon Tabuni merupakan anggota KKB Kepala Air yang dipimpin Papuanus alias Jeki Murib di Kabupaten Puncak.

Mairon Tabuni telah dibawa ke Posko Operasi Damai Cartenz di Mimika untuk pemeriksaan lebih lanjut. Keterlibatannya dalam kasus penyerangan dan penembakan terhadap warga sipil, seperti Sudirman, seorang pedagang kios di Ilaga, membuatnya menjadi target utama dalam operasi penangkapan.

Dalam kasus penyerangan tersebut, Sudirman mengalami luka tembak serius di bagian punggung dan kaki, memerlukan perawatan intensif. Peristiwa ini menunjukkan kekejaman dan kebrutalan anggota KKB dalam melancarkan serangan terhadap warga sipil yang tidak berdosa.

Penangkapan Mairon Tabuni menjadi bukti keseriusan Satgas Damai Cartenz dalam menindak para pelaku kejahatan di Papua. Tindakan ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam menegakkan hukum dan menciptakan kondisi yang aman dan damai bagi masyarakat Papua.

Pada tahun-tahun terakhir, kekerasan yang dilakukan oleh KKB di Papua telah menelan banyak korban jiwa, baik dari kalangan aparat keamanan maupun warga sipil. Serangan demi serangan terus dilakukan, menciptakan ketakutan dan ketidakstabilan di wilayah tersebut.

Penegakan hukum terhadap anggota KKB menjadi hal yang sangat penting agar keamanan dan stabilitas bisa tercipta. Dengan ditangkapnya Mairon Tabuni, diharapkan dapat memberikan efek jera kepada anggota KKB lainnya, serta memberikan rasa aman bagi masyarakat Papua.

Satgas Damai Cartenz-2024 adalah kesatuan tugas gabungan dari TNI-Polri yang bertugas untuk menumpas KKB di Papua. Mereka melakukan operasi-operasi khusus untuk menangkap dan menindak para pelaku kejahatan di wilayah tersebut.

Selain penangkapan anggota KKB, Satgas Damai Cartenz juga melakukan upaya-upaya untuk mendekati masyarakat Papua, membangun kepercayaan dan kerjasama dengan mereka. Hal ini dilakukan untuk meredakan konflik dan memperkuat perdamaian di Papua.

Selain itu, penguatan inteligensia juga menjadi fokus Satgas Damai Cartenz untuk melacak jejak dan aktivitas KKB di wilayah tersebut. Melalui kerjasama yang solid antara TNI-Polri, diharapkan keberhasilan penagkapan Mairon Tabuni ini bisa menjadi awal dari debirokratisasi wilayah Papua dari kekerasan yang dilakukan oleh KKB.

Komitmen Satgas Damai Cartenz dalam menjaga ketertiban dan keamanan di Papua sangat diapresiasi oleh masyarakat Papua. Dengan adanya tindakan yang tegas terhadap anggota KKB, masyarakat semakin percaya bahwa pemerintah serius dalam menangani konflik di Papua.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved