Fungsi OTP yang Perlu Diketahui Untuk Meningkatkan Keamanan Pegguna

Tanggal: 13 Apr 2023 10:06 wib.
Kode OTP alias One-Time Password adalah kode verifikasi numerik yang hanya digunakan satu kali dan dikirim melalui email, SMS, WhatsApp, atau telepon. Biasanya kode ini berupa 6 digit angka dan akan kadaluarsa hanya dalam 2-5 menit. Kode OTP adalah salah satu metode autentikasi dua langkah (2FA/two-factor authentication) yang digunakan untuk menyediakan lapisan keamanan untuk data pribadi kamu di internet.

Pada umumnya kode ini diperlukan untuk autentikasi transaksi perbankan di mobile banking atau untuk mendaftarkan data di akun aplikasi dompet digital. Sama-sama sensitif karena menyangkut keuangan, sehingga diperlukan perlindungan lebih agar yang lain tidak mudah masuk. Selain itu, kode OTP juga dapat diterapkan untuk memverifikasi transaksi di e-commerce.

Apakah kode OT rahasia? Tentu saja, kode OTP sangat rahasia! Kamu tidak boleh mengungkapkan kode OTP yang kamu terima selama verifikasi data kepada siapa pun. Ketika kamu menyelesaikan proses verifikasi data di aplikasi, kamu akan menerima kode OTP yang dikirimkan ke nomor ponsel atau email yang kamu daftarkan sebelumnya saat proses verifikasi data.

Mengapa Kode OTP Rahasia? Tentu saja, kode OTP bersifat rahasia karena tujuan utamanya adalah untuk mencegah pencurian data, penyalahgunaan akun, dan peretasan kode rahasia yang dikenal dengan OTP fraud atau penipuan OTP. OTP fraud dilakukan oleh penjahat untuk menambang dana di bank seluler korban atau cryptocurrency. 

Setelah berhasil mengambil alih kode OTP, mudah bagi penjahat untuk mengambil alih informasi dan data akun, Itu sebabnya kamu perlu mengetahui cara melindungi kode OTP dan juga data pribadi kamu. Penggunaan OTP sangat penting yaitu melindungi akun pengguna dari kemungkinan peretasan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.



Ada beberapa fungsi kode One-time Password yang perlu kamu ketahui :


Mencegah Pencurian Identitas


Dengan diaktifkannya kode OTP sebelum memasuki akun, pengguna akan terhindar dari kemungkinan pencurian identitas secara online. Hal ini karena One-time Password akan menjadi tidak valid dalam hitungan detik, sehingga peretas tidak akan dapat menggunakannya untuk mengambil kode dan menggunakannya kembali untuk masuk ke akun pengguna.

Meskipun kata sandi biasa bisa sangat rumit dan sulit untuk ditebak peretas, tetapi biasanya pengguna hanya mengubahnya setiap beberapa bulan, atau terkadang tidak pernah. Itulah mengapa kata sandi jauh lebih rentan terhadap peretas dan pelanggaran data. Namun dengan penggunaan OTP dan kata sandi secara bersamaan, sistem akun bisa memberikan perlindungan tertinggi kepada pengguna dari risiko penipuan yang merugikan.


Membuat Kata Sandi Sulit Ditebak


Dengan kode OTP, kata sandi milik pengguna akan lebih sulit untuk ditebak sehingga peretas tidak bisa masuk dan mengambil alih akun. Pasalnya, OTP sering dibuat dengan algoritma yang memanfaatkan keacakan.Tentunya, hal ini bisa menyulitkan peretas untuk berhasil menebak dan menggunakannya.

OTP biasanya hanya berlaku untuk jangka waktu singkat. Bahkan mengharuskan pengguna untuk mengetahui OTP sebelumnya, atau memberikan tantangan kepada pengguna. Misalnya untuk memasukkan angka kedua dan kelima dari kode OTP yang dikirimkan. Semua tindakan ini semakin mengurangi kemungkinan peretan akun. Jika dibandingkan dengan autentikasi yang hanya menggunakan kata sandi, tentunya sistem ini dijamin lebih aman.


Meningkatkan Keamanan Pengguna


Kata sandi satu kali (OTP) yang dibuat secara acak akan memberikan keamanan yang lebih eksponensial daripada kata sandi buatan pengguna itu sendiri. Hal ini karena cukup banyak pengguna yang menggunakan kata sandi sama di banyak akun sekaligus. Dengan adanya OTP yang berupa kombinasi huruf dan angka unik, akun pengguna bisa memiliki sistem otentikasi tambahan sehingga sulit untuk diretas oleh oknum tidak bertanggungjawab.

Itulah beberapa kegunaan dari OTP, dengan menggunakan kode OTP maka dipastikan informasi dan aktivitas online aman dari akses izin dan pencurian identitas. Bagi kamu yang membutuhkan layanan jasa OTP untuk semua aplikasi yang membutuhkan verifikasi, jasaotp.net menyediakannya. Jasaotp.net adalah Penyedia jasa OTP termurah di Indonesia, kami menyediakan berbagai macam layanan dari berbagai negara. Jasaotp.net merupakan jasa OTP terlengkap dan terbaik dengan layanan OTP semua negara. Untuk berbagai kebutuhan seperti WhatsApp, telegram, shopee, facebook, gmail, microsoft, dan lain-lain. 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved