Sumber foto: google

Faktor-faktor Cuaca RI April 2024 Jadi Terpanas Selama 4 Dekade

Tanggal: 27 Mei 2024 14:12 wib.
April 2024 mencatatkan suhu terpanas dalam 40 tahun terakhir di Indonesia. Berbagai faktor dikaji menjadi penyebabnya, mulai dari perubahan iklim hingga faktor lingkungan yang berpengaruh.

Gelombang panas tengah melanda sejumlah negara di Asia, seperti Filipina, Thailand, India, dan Vietnam. Ini menyebabkan sekolah ditutup dan bahkan kematian akibat udara panas.

Meskipun Indonesia tidak mengalami heatwave, suhu di sejumlah wilayah terpantau cukup tinggi hingga mencatat rekor suhu pada April lalu.

Menurut kepala pusat informasi perubahan iklim Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Achmad Fachri Radjab, suhu udara rata-rata pada bulan April 2024 adalah yang tertinggi dalam periode 1981-2023. Data BMKG juga mencatat suhu rata-rata April 2024  meningkat 0,89 derajat Celsius dari rata-rata periode tersebut.

Ardhasena Sopaheluwakan, Deputi bidang klimatologi BMKG, membenarkan bahwa suhu rata-rata 27,74 derajat Celcius pada April lalu merupakan yang tertinggi sejak 1981. Ini bahkan melampaui suhu tertinggi yang tercatat pada April 2016.

Penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa perubahan iklim menyebabkan gelombang panas terjadi lebih lama, sering, dan intens. Fenomena ini juga terlihat di Asia Selatan dan Asia Tenggara, di mana jutaan penduduk mengalami suhu udara yang sangat panas.

Di Vietnam, Bangladesh, dan Myanmar, juga mencatat rekor suhu panas pada bulan April. Namun, BMKG menyatakan bahwa kondisi panas di Indonesia bukanlah hasil dari gelombang panas yang melanda negara-negara tetangga.

Guswanto, Deputi Bidang Meteorologi BMKG, menjelaskan bahwa Indonesia tidak memenuhi syarat untuk mengalami gelombang panas. Hal ini karena kondisi panas yang terjadi merupakan fenomena cuaca panas terik yang bersifat siklus setiap tahunnya.

Menurutnya, udara panas di Indonesia terjadi sebagai akibat dari gerak semu Matahari dan cuaca cerah pada siang hari. Karenanya, kemungkinan terjadinya gelombang panas di Indonesia dianggap kecil.

Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mendalami faktor-faktor lain yang berdampak pada suhu udara Indonesia. Data dari berbagai sumber tambahan juga dapat memberikan pemahaman lebih mendalam mengenai faktor-faktor cuaca yang mengakibatkan suhu udara Indonesia pada April 2024 menjadi terpanas dalam empat dekade terakhir.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved