Sumber foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Dishub DKI Tambah Kuota Mudik Gratis untuk 1.240 Orang

Tanggal: 1 Apr 2024 07:55 wib.
Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta kembali membuka pendaftaran program Mudik Gratis 2024, dengan menambah kuota 1.240 orang di 10 kota atau kabupaten tujuan.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan (Dishub) kembali mengumumkan penambahan kuota untuk program Mudik Gratis tahun 2024. Sejumlah 1.240 orang akan diberangkatkan menggunakan 31 unit bus menuju 10 kota dan kabupaten tujuan. Hal ini merupakan upaya untuk memudahkan masyarakat yang merencanakan mudik pada masa libur lebaran.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, yaitu Syafrin Liputo, telah mengonfirmasi bahwa penambahan kuota ini disediakan untuk memenuhi kebutuhan penumpang arus mudik. Selain itu, beliau juga menegaskan bahwa tidak ada kuota khusus untuk sepeda motor pada gelombang pendaftaran kedua ini.

Syafrin juga menekankan bahwa Dishub DKI Jakarta akan melakukan verifikasi terhadap calon peserta yang sebelumnya telah mendaftar. Hal ini dilakukan untuk memastikan kehadiran para peserta sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Dalam proses verifikasi sebelumnya, beberapa pendaftar terpaksa gugur karena tidak hadir pada waktu verifikasi, atau bahkan mengundurkan diri karena telah mendaftar di tempat lain.

Pendaftaran kembali dibuka pada hari ini untuk 10 kota/kabupaten tujuan, yaitu Solo, Cilacap, Lampung, Sragen, Kebumen, Yogyakarta, Kediri, Semarang, Malang, dan Tasikmalaya. Proses verifikasi peserta mudik gratis akan dilakukan di beberapa lokasi yang telah disediakan oleh pihak Dishub DKI Jakarta. 

Antara lain, lokasi verifikasi dapat dilakukan pada tanggal 31 Maret hingga 1 April 2024 di Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Jalan Taman Jatibaru Nomor 1, Gambir, Jakarta Pusat, Jakarta 10150. Selain itu, pendaftar juga dapat melakukan verifikasi di Suku Dinas Perhubungan Kota Administrasi Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, dan Jakarta Barat.

Dalam upaya untuk memastikan kelancaran program Mudik Gratis 2024, pihak Dishub DKI Jakarta juga telah menyediakan call center yang dapat dihubungi oleh para calon peserta, yaitu 0895 3311 0999 6 (Provinsi DKI Jakarta), 0852 1544 5656 (Jakarta Selatan), 0852 1544 5665 (Jakarta Utara), 0852 1544 5655 (Jakarta Pusat), dan 0895 3311 0999 (Jakarta Timur dan Jakarta Barat).

Dengan adanya penambahan kuota dan pelayanan verifikasi yang disediakan, diharapkan program Mudik Gratis 2024 ini dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin merayakan momen lebaran dengan keluarga mereka. Adanya fasilitas ini diharapkan dapat mengurangi beban biaya transportasi dan memudahkan masyarakat yang ingin berkumpul bersama keluarga di kampung halaman. Diharapkan, program ini juga dapat membantu dalam menekan angka penumpukan kendaraan pribadi selama masa mudik, sehingga lalu lintas di wilayah Jakarta dapat terjaga dengan baik.

Semoga dengan adanya penambahan kuota ini, program Mudik Gratis 2024 dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat pengguna jasa transportasi umum, dan semakin menambah semangat untuk merayakan lebaran bersama keluarga di kampung halaman.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved