Sumber foto: website

Diduga Gas Meledak, Warteg di Pondok Labu Jaksel Ludes Terbakar

Tanggal: 12 Sep 2024 00:04 wib.
Tampang.com | Sebuah Warteg di kawasan Jalan Pondok Labu 1, Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan mengalami kebakaran hebat pada hari Rabu (11/9/2024) siang. Peristiwa tersebut diduga berasal dari ledakan tabung gas yang menyebabkan kerugian besar pada bangunan dan sekitarnya. Untungnya, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini dan api berhasil dipadamkan sebelum meluas ke bangunan lain.

Pada pukul 13.12 WIB, tim pemadam kebakaran dari Sudin Gulkarmat Jakarta Selatan sebanyak 9 unit mobil dan 31 personel dikerahkan ke lokasi untuk mengatasi kebakaran. Proses pemadaman berlangsung selama lebih dari satu jam sebelum akhirnya api dapat berhasil dipadamkan. Selain itu, petugas juga berhasil mencegah agar api tidak merembet ke bangunan-bangunan lain di sekitarnya.

Menurut Perwira Piket Sudin Gulkarmat Jakarta Selatan, Yusuf Setiawan, kebakaran tersebut memakan bangunan Warteg dan juga rumah pemilik Warteg yang terletak di sebelahnya. Selain itu, kemungkinan meluasnya api ke toko kelontong di sebelahnya juga berhasil dicegah sebelum merusak lebih banyak bangunan.

Saat ini, belum diketahui secara pasti jumlah kerugian yang dialami akibat kebakaran ini. Namun, yang pasti, kejadian tersebut telah mengakibatkan kerugian besar bagi pemilik Warteg dan juga warga sekitar. Untungnya, tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam peristiwa ini.

Seorang penjaga Warteg, Susi (41), menjelaskan bahwa api berasal dari ledakan tabung gas di dapur Warteg tersebut. Dia menyebut bahwa ledakan tersebut terdengar sangat keras, dan dia beserta teman-temannya berhasil mengevakuasi pelanggan yang sedang berada di dalam Warteg ketika kejadian terjadi.

Menurut keterangan dari Susi, warga sekitar juga berupaya memadamkan api dengan menggunakan peralatan sederhana seperti ember dan air. Namun, usaha tersebut tidak berhasil memadamkan api, hingga akhirnya petugas dari Sudin Gulkarmat Jaksel tiba di lokasi untuk memadamkan api sepenuhnya.

Kejadian ini merupakan peringatan bagi para pemilik usaha yang menggunakan tabung gas sebagai sumber energi. Pentingnya perawatan yang berkala dan pengawasan yang ketat terhadap tabung gas menjadi hal yang krusial untuk mencegah terjadinya insiden serupa di masa mendatang.

Untuk itu, pemerintah serta lembaga terkait diharapkan untuk meningkatkan sosialisasi dan pengawasan terhadap penggunaan tabung gas di tempat-tempat umum, termasuk Warteg atau warung makan lainnya, guna mencegah terjadinya kejadian serupa yang dapat mengancam keselamatan dan aset masyarakat. Hal ini juga sejalan dengan upaya pemerintah dalam menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi seluruh warga negara.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved