Dapatkan Bimbingan Ekspor Dengan Sepenuh Hati Hanya Di Sekolah Export

Tanggal: 9 Agu 2021 17:40 wib.
Ekspor dan Impor merupakan kegiatan yang lumrah dilakukan oleh negara berkembang seperti Indonesia. Meskipun dalam penerapannya terkadang masih ada saja yang keliru atau tertukar ketika menyebutkan namanya, terutama mereka yang memang belum begitu familiar dengan kegiatan ekspor dan impor ini. Jika dijelaskan secara singkat, Ekspor merupakan kegiatan mengirimkan barang atau produk ke luar negeri, sedangkan impor merupakan kegiatan mengirimkan barang dari luar negeri ke dalam negeri.



Adapun manfaat dari Ekspor di antaranya adalah sebagai berikut :


Menambah Devisa Negara


Devisa adalah nilai kekayaan yang dimiliki oleh suatu negara dalam bentuk mata uang asing. Devisa negara bisa didapatkan dari berbagai kegiatan ekonomi antara Indonesia dan negara-negara lainnya termasuk kegiatan ekspor. Kegiatan ekspor sangat berpengaruh dan bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi suatu negara. Meskipun begitu, kegiatan ekspor bukanlah satu-satunya hal yang mendatangkan devisa bagi negara, karena devisa negara Indonesia juga sangat terbantu seiring berkembangnya dunia pariwisata Indonesia di mata dunia.


Menghasilkan industri dalam negeri


Kegiatan ekspor merupakan kegiatan perdagangan yang melibatkan pasar internasional. Dengan ramainya permintaan internasional terhadap produk lokal maka akan membuka peluang untuk industri di Indonesia. Dengan kata lain, tingginya permintaan ekspor secara langsung akan berdampak terhadap perkembangan industri di suatu negara. Perusahaan yang sudah berkontribusi pada kegiatan ekspor tidak hanya menguntungkan bagi negara namun juga menguntungkan pengusaha itu sendiri, karena selain akan mendapatkan profit yang menjanjikan, perusahaan juga akan mengasah kemampuannya dalam bersaing di pasar internasional.


Memperbanyak Lapangan Kerja


Dengan banyaknya industri yang melakukan kegiatan ekspor maka secara tidak langsung akan memunculkan lapangan-lapangan kerja baru, dan tentunya hal ini akan sangat berguna untuk menekan angka pengangguran.

Selain itu, banyaknya lapangan kerja yang diakibatkan pertumbuhan ekspor di Indonesia juga akan menyebabkan penurunan angka kemiskinan. Lalu bagaimana cara ekspor barang ke luar negeri? Tentunya untuk dapat melakukan ekspor barang membutuhkan pengetahuan atau wawasan yang mumpuni agar dapat berjalan lancar sesuai yang diharapkan. 

Ada beberapa tips untuk memulai cara ekspor bagi pemula yaitu :

1. Menyiapkan dokumen legalitas usaha untuk ekspor

Terdapat empat syarat dokumen legalitas bagi eksportir, yaitu :


SIUP (Surat Izin Perdagangan) oleh Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten/Kota
TDP (Tanda Daftar Perusahaan) oleh Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten/Kota
NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) oleh Kantor Pelayanan Pajak
NIK (Nomor identitas Kepabeanan) oleh Ditjen Bea Cukai


2. Menyiapkan dokumen ekspor


Dokumen ekspor yang utama




Invoice (dibuat oleh eksportir)
Packing list (dibuat oleh eksportir)
Bill of lading (dibuat shipping company bila laut / airway bill bila udara)




Dokumen tambahan




Certificate of origin (Dinas Perdagangan dan Industri Kabupaten / Kota)
Certificate of analysis (laboratorium)
Certificate of Phytosanitary (badan karantina untuk produk tumbuhan)
Dokumen tambahan lainnya sesuai permintaan pembeli




Dokumen yang diperlukan sebelum ekspor




Shipping Instruction dari eksportir ke Shipping line
PEB (Pemberitahuan Ekspor Barang) dari eksportir





Sukar atau mudahnya dalam melakukan ekspor relatif, tergantung pada persyaratan yang perlu dipersiapkan seperti legalitas dan dokumen ekspor. Begitu juga dengan banyaknya dokumen ekspor yang diperlukan tergantung pada produk atau komoditas yang akan diekspor, prosedur di negara tujuan, dan permintaan dari pembeli yang pastinya berkaitan dengan perusahaannya. Sementara untuk langkah-langkah dalam mengekspor barang adalah :


Persiapkan produk
Persiapkan legalitas usaha
Menemukan buyer atau importir
Mendapatkan order
Menerima DP atau LC
Pengerjaan order
Pengiriman barang
Pengurusan dokumen ekspor
Pelunasan pembayaran


Itulah langkah-langkah yang harus dilakukan dalam mengekspor barang ke luar negeri. Untuk dapat mengerti dan memahami semua langkah-langkah yang benar dalam melakukan ekspor barang, Untuk mempelajari cara ekspor barang, pembuatan serta pengurusan dokumen ekspor dapat dilakukan dengan belajar di kelas-kelas yang diadakan oleh sekolahexport.com. Sekolah Export adalah wadah bagi para UKM, masayarakat umum, pelajar, mahasiswa untuk belajar ekspor, pelatihan, workshop, konsultasi, dan training ekspor dan impor.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved