Sumber foto: Tempo.com

Daftar Anggota DPR Generasi Z: Beragam Latar Belakang Politik dan Bisnis

Tanggal: 5 Okt 2024 05:32 wib.
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2024-2029 baru saja dilantik pada Selasa lalu. Dalam pelantikan tersebut, perhatian kembali tertuju pada keberadaan legislator muda yang sesuai dengan Tatib DPR menjadi pimpinan sementara selama 1-2 hari.

Tahun ini, anggota legislatif termuda berhasil memecahkan rekor usia, dengan usia saat dilantik hanya 23 tahun 2 bulan dan 15 hari. Sebelumnya, rekor usia legislator tercatat pada Hillary Brigitta Lasut, yang berusia 23 tahun 4 bulan 8 hari saat dilantik sebagai anggota DPR periode 2019-2024, dan Ade Rezki yang berusia 25 tahun saat dilantik menjadi anggota DPR periode 2014-2019.

Annisa Maharani Alzhara Mahesa adalah salah satu anggota DPR termuda dari Generasi Z atau Gen Z. Ia lahir pada 17 Juli 2001, menjadikannya anggota DPR termuda pertama dari generasi tersebut. Berdasarkan penggolongan, Gen Z adalah orang-orang yang lahir antara tahun 1997 hingga 2012. Berbeda dengan Hillary Brigitta Lasut yang merupakan bagian akhir dari Generasi Milenial dengan kelahiran pada 22 Mei 1996.

Annisa Mahesa mencatatkan prestasi sebagai anggota legislatif dari daerah pemilihan (dapil) Banten II dengan meraih 122.470 suara pada Pemilu 2024. Ia berasal dari keluarga politikus, dengan ayahnya yang merupakan aktivis reformasi dan politikus senior dari Partai Gerindra, Desmond J Mahesa. Annisa juga telah menyampaikan komitmennya untuk menjadi agen perubahan dalam DPR, sebagai wujud dari peran aktif generasi muda dalam dunia politik.

Muhammad Rohid, anggota DPR muda lainnya yang berasal dari partai Gerindra, juga berhasil meraih perhatian. Dalam Pemilihan Legislatif 2024, Rohid berhasil meraih 55.219 suara dari Dapil Riau II. Ketertarikan terhadap politik tampaknya telah menjadi bagian dari tradisi keluarganya, dengan ayahnya, Muhammad Nasir, yang juga merupakan politikus senior dan anggota DPR periode 2019-2024. Rohid bahkan menggantikan posisi ayahnya yang memilih maju sebagai calon Gubernur Riau pada Pilkada Serentak 2024. Tak hanya Rohid, kakaknya, Muhammad Rahul, juga kembali terpilih sebagai anggota DPR periode 2024-2029.

Cindy Monica Salsabila Setiawan, anggota DPR dari Dapil Sumatera Barat II dan berasal dari Partai Nasdem, juga mencuri perhatian dengan perolehan suaranya sebanyak 97.677 pada Pemilu 2024. Selain berkecimpung dalam politik, Cindy juga dikenal sebagai seorang pengusaha muda di berbagai sektor bisnis, termasuk di bidang perikanan, industri precast, properti, dan otomotif.

Sementara itu, Andi Amar Ma’ruf Sulaiman, menjadi perwakilan Generasi Z tertua di antara yang lainnya dengan kelahiran pada 13 November 1998. Ia merupakan putra dari Menteri Pertanian, yaitu Andi Amran Sulaiman. Sebagai politikus Partai Gerindra yang berhasil lolos dari Dapil Sulawesi Selatan II dengan perolehan 187.919 suara pada Pemilu 2024, Andi Amar juga membuktikan bahwa Gen Z memiliki pengaruh signifikan dalam dinamika politik Indonesia.

 Dengan latar belakang politikus senior, aktivis reformasi, dan pengusaha muda, anggota DPR Generasi Z diharapkan mampu memberikan sumbangsih yang berarti dalam menjawab tantangan-tantangan yang dihadapi bangsa, terutama dalam konteks pembangunan dan penyelenggaraan negara yang lebih baik. Hal ini juga menunjukkan bahwa Generasi Z mampu berperan aktif dalam menciptakan perubahan positif di dalam lingkup politik dan sosialbangsa.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved