Sumber foto: google

ART Terjatuh dari Lantai 4 Rumah di Karawaci Diduga Karena Tekanan dari Majikan

Tanggal: 30 Mei 2024 14:06 wib.
Sebuah kejadian tragis terjadi di kawasan Karawaci, Tangerang, di mana seorang Asisten Rumah Tangga (ART) jatuh dari lantai 4 sebuah rumah. Diduga kerap mendapat tekanan dari sang majikan, Seorang asisten rumah tangga di Karawaci, Kota Tangerang, Banten, berusaha kabur  dengan cara melompat dari ketinggian lantai 4 rumah. Kejadian itu sontak membuat warga sekitar heboh dan mereka berupaya untuk membawa perempuan itu ke rumah sakit. 

Berdasarkan keterangan dari saksi-saksi yang berada di sekitar lokasi kejadian, ART tersebut diketahui terjatuh dari lantai 4 sebuah rumah di kawasan Karawaci. Belum ada informasi yang pasti mengenai kondisi ART tersebut setelah jatuh, namun sejumlah saksi mata menyatakan bahwa kondisi ART tersebut sangat terlihat lemah dan terdapat tanda-tanda kekerasan pada tubuhnya.

Menurut beberapa saksi yang enggan disebutkan identitasnya, ART tersebut diketahui memiliki hubungan kerja dengan keluarga majikan yang tinggal di lantai 4 tersebut. Mereka juga menyatakan bahwa ART tersebut seringkali terlihat dalam kondisi tertekan dan cemas selama bekerja di rumah majikan.

Beberapa pihak yang mengetahui kejadian tersebut juga menduga bahwa terdapat tekanan psikologis yang disebabkan oleh perilaku majikan terhadap ART tersebut. Dari wawancara dengan beberapa tetangga sekitar, terungkap bahwa ART tersebut seringkali mendapatkan perlakuan kasar dan tekanan dari majikannya.

Sementara itu, Kapolsek Polsek Karawaci, Polres Metro Tangerang, Kompol Antonius saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, membenarkan adanya percobaan bunuh diri yang dilakukan ART tersebut."Lagi didalami kasusnya, yang jelas tidak betah (kerja). Kemarin keluarganya datang dari Jawa. Tapi belum ada kesepakatan untuk keluar dari kerjaan, karena majikan minta penggantinya dulu," imbuhnya. Selain itu, pihak kepolisian juga akan melakukan pemeriksaan terhadap kondisi psikologis ART tersebut apabila diperlukan.

Kasus seperti ini seharusnya menjadi perhatian serius bagi masyarakat dan pihak berwenang. Perlindungan terhadap para pekerja rumah tangga, termasuk ART, harus dijamin untuk mencegah terjadinya kasus-kasus penyalahgunaan dan tekanan yang dapat membahayakan nyawa mereka.

Di samping itu, penting bagi majikan dan masyarakat untuk memahami bahwa pekerja rumah tangga juga memiliki hak-hak yang harus dihormati dan dilindungi. Kasus seperti ini seharusnya menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya perlindungan terhadap para pekerja rumah tangga.

Sementara itu, pihak terkait diharapkan dapat segera mengungkap kebenaran atas kejadian ini dan memberikan perlindungan serta keadilan bagi ART yang menjadi korban. Selain itu, diharapkan juga terciptanya kesadaran bagi semua pihak terkait untuk memperlakukan pekerja rumah tangga dengan baik dan menghormati hak-hak mereka.

Kejadian tragis ini seharusnya menjadi titik tolak bagi kita semua untuk lebih peduli terhadap nasib para pekerja rumah tangga. Semua pihak, mulai dari keluarga, majikan, pemerintah, dan masyarakat harus bekerja sama untuk menciptakan lingkungan yang aman dan adil bagi para pekerja rumah tangga.

Dengan demikian, diharapkan kasus serupa tidak terulang di masa yang akan datang dan para pekerja rumah tangga dapat bekerja dalam lingkungan yang kondusif dan memperoleh perlindungan yang layak sesuai dengan hak-haknya. Semoga kasus ini dapat menjadi momentum penting untuk meningkatkan kesadaran dan perlindungan terhadap para pekerja rumah tangga di Indonesia.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved