Alat Kesehatan Mandiri Yang Wajib Dimiliki Di Masa Pandemi

Tanggal: 31 Agu 2021 13:35 wib.
Selama pandemi Covid-19 seperti saat sekarang ini langkah menjaga dan sekaligus memantau kesehatan merupakan hal penting serta pantang diabaikan. Selain memeriksakan kesehatan secara berkala di layanan kesehatan, setiap keluarga disarankan untuk memiliki alat kesehatan mandiri agar dapat memantau kondisi fisik. Terlebih bagi keluarga yang memiliki anggota dengan penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan masalah pernapasan.

Dengan dukungan alat kesehatan di rumah ini maka, kita dapat mencegah masalah kesehatan yang tidak terdeteksi. Selain itu juga laporan pemantauan dari alat kesehatan mandiri di rumah dapat memberikan gambaran kondisi kesehatan ketika berkonsultasi ke dokter. Berikut ini adalah beberapa alat kesehatan yang perlu dimiliki di rumah beserta fungsinya, terutama saat pandemi Covid-19 :

1. Tensimeter

Dipergunakan untuk mengukur tekanan darah, sebagaimana dilansir oleh Healthcare Insights bahwa tensimeter atau alat untuk mengukur tekanan darah penting untuk mengetahui kadar tensi. Terutama bagi para penderita hipertensi, tekanan darah rendah, penyakit jantung, atau stroke. Dengan adanya alat ini bisa memantau apakah obat yang diminum sudah tepat dan bisa jadi bekal pelacakan status kesehatan. Tensimeter terdapat dalam dua jenis yaitu jenis yang manual dan jenis digital yang relatif praktis digunakan.                                                                      

2. Pulse oximeter

Yaitu alat kesehatan yang digunakan untuk mengetahui kadar oksigen. Pulse oximeter adalah sebuah alat untuk bisa mengecek kadar saturasi oksigen di dalam darah. Alat kesehatan yang satu ini sangat penting di masa pandemi Covid-19, karena bisa menakar tingkat oksigen di dalam darah maupun detak jantung. Selain untuk berjaga-jaga di saat pandemi virus corona, pulse oximeter juga merupakan alat kesehatan mandiri penting untuk penderita asma, penyakit paru obstruktif kronik, dan gangguan pernapasan lainnya.

Adapun cara menggunakan alat ini cukup mudah. Setelah menempatkan pulse oxymeter selama beberapa detik, alat akan menunjukkan besarnya kadar oksigen di dalam darah. Untuk kadar oksigen yang normal dalam darah besarnya antara 95-100 persen. yang harus diwaspadai yaitu jika kadar oksigen kurang dari 92 persen. Kondisi tersebut bisa menjadi salah satu tanda kekurangan oksigen di jaringan tubuh sehingga rentan membahayakan organ vital. 

3. Glukometer

Penderita diabetes di Indonesia berada di peringkat tujuh dunia dan Indonesia harus waspada diabetes, terutama di masa pandemi Covid-19. Dilansir dari The Prepared, alat cek gula darah atau glukometer ini penting untuk memantau naik turunnya kadar gula darah. Khususnya bagi penderita diabetes, obesitas, serta penyakit kronis. Alat cek gula darah ada yang berbentuk digital dan mudah digunakan. Tinggal mengambil sampel darah dari jari kemudian sampel darah tersebut ditempatkan di strip tes, dan masukkan strip tes ke glukometer. Hal yang perlu diperhatikan, strip tes glukometer biasanya memiliki masa kedaluwarsa, biasanya satu sampai dua tahun. Apabila masa pakainya sudah lebih dari dua tahun, strip tes ini bisa kurang akurat. Pastikan anda memilih strip tes yang memiliki masa kedaluwarsa atau tandai penggunaannya secara mandiri.                                                                            

4. Termometer

Termometer adalah alat kesehatan yang wajib  dan perlu dimiliki di setiap rumah. Fungsi dari alat ini untuk memantau suhu tubuh apakah seseorang dalam kondisi demam atau tidak. Tentunya saat ini termometer menjadi alat penting di masa pandemi Covid-19. Pasalnya, demam adalah salah satu gejala utama jika tubuh terinfeksi virus corona. Selain itu juga termometer paling dibutuhkan keluarga yang memiliki bayi, anak kecil, serta ibu hamil. Terdapat beberapa jenis termometer, yakni yang menggunakan air raksa dan jenis digital yang relatif lebih mudah digunakan. Anda disarankan tak hanya menyediakan beberapa alat kesehatan di atas di rumah. Begitu hasil pengukuran mulai menunjukkan angka tidak normal, sebisa mungkin mencatat hasilnya dan gunakan hasil deteksi mandiri tersebut saat konsultasi ke dokter. Dengan begitu, tenaga kesehatan profesional bisa memiliki gambaran kesehatan yang utuh dan diagnosis bisa lebih tepat.

Apakah anda sedang mencari alat-alat kesehatan tersebut di atas? Toko Alat kesehatan Madiun adalah toko alat kesehatan paling lengkap dan murah di kota Madiun. Seperti alat kesehatan tensimeter digital yang dijual dengan harga termurah mulai dari 200ribuan bisa anda dapatkan di toko kami. Fasilitas garansi resmi dari pabrik dan kami akan mengajarkan kepada anda bagaimana cara penggunaan tensimeter digital yang baik dan benar.



Begitu juga bila anda sedang mencari kursi roda, di toko Kami tersedia berbagai type kursi roda dengan pilihan produk yang lengkap dan harga termurah di Kota Madiun. Sebagai toko kursi roda paling murah di Madiun, Kami menjual kursi roda standar, kursi roda traveling, kursi roda bab, kursi roda 3in1, kursi roda 4in1, kursi roda elektrik dll. Jika anda atau keluarga anda butuh kursi roda pastikan anda berkunjung ke toko kami, pilihan produk sangat banyak, harga termurah.

Alkes IRE Medika Madiun 

Jl Trunojoyo no 153 Kota Madiun

(Selatan pasar Sleko 400m timur jalan atau Depan Alfamidi)

Hotline/ Whatsapp : 089636179806

Email : indorehab@gmail.com
Copyright © Tampang.com
All rights reserved