Sumber foto: google

Air Bersih Siap Minum Aliri IKN pada Akhir Juli 2024

Tanggal: 25 Jul 2024 08:14 wib.
Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) telah mengumumkan bahwa air bersih siap minum telah mengalir ke IKN, ibu kota negara baru Indonesia yang sedang dibangun di sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, tepatnya di Kecamatan Sepaku, pada akhir Juli 2024.

Menurut Pelaksana tugas Kepala OIKN, Basuki Hadimuljono, tes pengaliran air pada sarana penyediaan air bersih sudah berhasil dilakukan tanpa kendala untuk mengalirkan air bersih ke Kota Nusantara. Pengujian tersebut dilakukan di Instalasi Pengolahan Air Minum (IPA) Sepaku yang mengalirkan air menuju tempat penyediaan air bersih (reservoir) induk ibu kota negara baru Indonesia yang berada di titik tertinggi. Basuki Hadimuljono juga menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia.

Pada akhir Juli 2024, diharapkan sistem penyediaan air minum (SPAM) Sepaku sudah dapat beroperasi penuh untuk melayani air bersih persil dan gedung di Kota Nusantara. SPAM Sepaku terdiri dari Instalasi Pengolahan Air (IPA) dengan kapasitas 300 liter per detik, pipa transmisi sepanjang 16 kilometer, reservoir, dan pipa distribusi sepanjang 22 kilometer.

Pada tahap pertama, SPAM Sepaku akan melayani Kantor Kepresidenan dan Istana Negara, serta Gedung Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Gedung Pasukan Pengawal Presiden (Paspampres), dan empat gedung kementerian koordinator. Selain itu, SPAM Sepaku juga akan melayani rumah jabatan menteri, hunian aparatur sipil negara (ASN), gedung pameran, gelanggang terbuka, serta kebutuhan rumah sehari-hari dan fasilitas umum lainnya seperti hotel, sekolah, pertokoan, dan rumah sakit.

Setelah pengujian pengaliran air, dilakukan pengurasan sistem jaringan dan pengawasan kualitas air dalam jaringan perpipaan untuk memastikan kualitas air bersih sesuai dengan standar kesehatan yang berlaku. Pengecekan kualitas air terus dilakukan sebelum masuk ke reservoir, karena air bersih yang dialirkan ke IKN dapat langsung diminum dan diharapkan segera dapat dimanfaatkan.

Dengan demikian, saat ini proyek pembangunan ibu kota negara baru Indonesia di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, semakin mengarah pada keberhasilan dengan tersedianya pasokan air bersih yang siap untuk dimanfaatkan oleh penduduk dan instansi pemerintah di Kota Nusantara. Adanya akses terhadap air bersih yang langsung siap minum diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap kehidupan masyarakat di ibu kota negara baru tersebut.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved