Wow! UEA Berencana Tanam Kurma dan Selada di Mars

Tanggal: 20 Nov 2017 14:43 wib.
Uni Emirat Arab (UEA) tengah santer mengembangkan misi luar angkasanya.

Tak hanya mengirim satelit untuk menjajaki planet Mars, kini UEA berencana menanam pohon-pohon kurma dan selada di planet Merah tersebut.

Rencana penanaman pohon kurma di Planet Mars diuraikan dalam Dubai Airshow yang meliputi berbagai pameran, konferensi, dan para pembicara, antara lain mantan astronot NASA Nasa Apollo 15, Al Worden.

"Ada kesamaan antara planet Mars dan padang pasir," kata Rashid Al Zaabi, perencana strategis senior di UAE Space Agency. "Struktur tanahnya sama dengan UEA."

Berdasarkan hal itu UEA memutuskan untuk mengucurkan dana untuk dua proyek penelitian, yaitu penanaman pohon-pohon kurma, tomat, dan stroberi di Mars.

"Nah jadi saat kita sampai di sana, kita harus makan," kata Al Zaabi.

Pohon kurma dipilih untuk ditanam di sana karena ada kemungkinan mereka bisa tumbuh di Mars, kata Al Zaabi.

Meski terdengar aneh, namun ada alasan yang mendasari hal ini. UEA, khususnya Dubai dan Abu Dhabi, mencoba mempersiapkan ekonomi ke depan dalam persiapannya saat era minyak berakhir.

UEA kini beralih ke sektor sains dan pengembangan teknologi mutakhir.

"Ada 100 juta kaum muda di wilayah Arab," kata Omran Sharaf, manajer di proyek penelitian Mars Mission. "

"Kami ingin mereka berperan di masa depan dan membawa negara ini ke tingkat berikutnya. "(Populasi UEA sekitar sembilan juta, dimana hanya 1,4 juta adalah warga negara Emirat).

"Ini soal menciptakan ekonomi berlandaskan bahan minyak, pengetahuan, ekonomi kreatif. Jadi, penting bagi kita untuk menjadi pusat ilmu pengetahuan. Kami telah menelurkan banyak insinyur, namun tidak banyak ilmuwan. Proyek Mars ini murni sebuah misi ilmiah," tambahnya.

UEA telah menginvestasikan dana lebih dari USD$5,4 miliar di sektor antariksa, termasuk diantaranya berbagai satelit.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved