Venus Berputar makin Lambat

Tanggal: 16 Mar 2018 01:37 wib.
Venus berputar pada porosnya sedikit lebih lambat dari sebelumnya dan hingga saat ini para astronom belum mengetahui penyebabnya secara pasti. Venus melakukan rotasi dengan cara lambat dari arah timur ke arah barat. Planet ini melakukan putaran sekali setiap 243 hari Bumi. Artinya, satu hari di planet Venus sama dengan 243 hari di planet Bumi.

Saat ini, Badan Antariksa Eropa (European Space Agency/ESA) mengatakan Venus tampaknya berputar lebih lambat jika dibandingkan dengan 16 tahun yang lalu. Kok bisa ya? Waktu satu hari di Venus bertambah sebanyak 6,5 menit. Para peneliti belum bisa menjelaskan perubahan itu.

Akan tetapi salah satu kemungkinan besar penyebab melambatnya perputaran Venus ini ialah lapisan atmosfer Venus yang tebal dan dorongan angin yang cukup kencang menerpa planet yang tengah berputar.

Dugaan itu didasari pada gerak atmosfer di Bumi, misalnya yang berdasarkan penelitian ternyata memengaruhi laju rotasi planet. Perkembangan terbaru ini sangat penting untuk misi selanjutnya di planet tersebut.

Para peneliti telah mempersiapkan rencana misi penjelajahan ke Venus dan menentukan lokasi terbaik untuk menempatkan sebuah robot penjelajah. Bukan manusia. Pasalnya kandungan atmosfer Venus sangat pekat dengan unsur-unsur zat C02 (karbondioksida), yaitu 97% dan nitrogen sebanyak 3%. Karena itu wajar jika suhu permukaannya menjadi sangat tinggi yaitu sekitar 90 kali panas permukaan laut di planet Bumi. Manusia bisa meleleh jika menginjakan kakinya di Venus.

Venus memang selama ini selalu diselubungi dengan awan putih asam sulfur sehingga planet ini terlihat menjadi sangat panas dan nampak sangat terang. Hingga saat ini para peneliti belum menemukan mekanisme yang menyebabkan perubahan laju rotasi planet.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved