Sering Mengumpat Cenderung Pandai?

Tanggal: 29 Agu 2017 21:19 wib.
Tampang.com - Ilmuwan dari Universitas Rochester, New York, Amerika Serikat dalam studinya mengungkapkan bahwa orang yang pintar, cenderung sering mengumpat alias berkata kasar.

Hasil itu didapat setelah dirinya melakukan wawancara pada 1.000 orang mengenai 400 perilaku umum dan menemukan hubungan antara kepintaran dan umpatan.

Selama penelitian, para partisipan ditanya tentang seberapa sering melakukan 400 perilaku tersebut. Partisipan dengan intelektual tinggi cenderung sering mengumpat, sarapan dengan makanan pedas, dan ketika dalam rumah menggunakan pakaian minim hingga tanpa busana.

Pribadi ekstrovert sering mengemudi dengan kecepatan tinggi, berjudi, melontarkan candaan jorok, dan banyak minum.

Hasil studi ini telah dipublikasikan di jurnal Personality and Individual Difference, seperti dilaporkan laman Independent.

Sebelumnya, studi yang hampir sama juga pernah dilakukan. Hasilnya, orang yang bisa menyebut paling banyak sumpah serapah dalam semenit cenderung mendapat nilai lebih tinggi dalam tes IQ.

Studi ini dipublikasikan di jurnal Language Science pada November 2015. Studi ini juga menemukan jago mengumpat adalah tanda ahli retorik.

Mengumpat ternyata dapat juga dilakukan untuk melegakan rasa sakit yang terpendam. Psikolog dari Universitas Keele di Inggris melakukan tes pada sejumlah partisipan yang diminta untuk mengumpat sebelum melakukan latihan intensif di sepeda statis atau meremas alat yang mengukur kekuatan genggaman tangan.

Dalam kedua situasi itu, mereka menemukan orang yang mengumpat punya hasil yang lebih bagus ketimbang mereka yang mengucapkan kata-kata "netral".

Pemimpin riset, Richard Stephens mengatakan mengumpat membuat seseorang bisa menahan rasa sakit. "Mengumpat merangsang sistem saraf simpatik, sistem yang membuat jantung berdebar saat berada dalam bahaya," ujarnya.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved